Jelang Iduladha, Pemkot Bandung Siapkan 804Ribu Hewan Kurban

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil. Medcom.id/Roni Kurniawan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil. Medcom.id/Roni Kurniawan
Dadali: Sebanyak Sekitar 804 ribu hewan kurban disiapkan untuk kebutuhan Iduladha 1443 Hijriah. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebut stok kurban yang disiapkan wilayahnya paling banyak se-Indonesia. 

 

"Idul kurban ini sudah siap untuk kebutuhan Jawa Barat, terbesar se-Indonesia. Totalnya itu asa 804 ribu-an tepatnya," kata Ridwan Kamil dilansir dari Medcom.id, Rabu, 8 Juni 2022.

 

Menurutnya hewan kurban tersebut terdiri dari sapi, domba, kambing dan kerbau yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Namun Emil memastikan, ternak yang hendak menjadi hewan kurban wajib diperiksa kesehatannya.

 

"Setiap hewan yang aman dari penyakit di kupingnya akan ada sertifikat warna kuning berbentuk keping yang ditindik jadi kaya anting," kata kang Emil. 

 

Emil mengimbau kepada penjual untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan ternak yang akan dikurbankan. Dirinya telah membentuk gugus tugas di setiap daerah hingga ke pelosok desa guna mengantisipasi penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak.

 

"Jadi kepada penjual ternak harus memastikan yang dijualnya adalah sehat ke dinas peternakan masing-masing di wilayah kota kabupaten untuk mendapatkan keping tanda sehat," ucapnya.

 

Emil juga mengimbau kepada masyarakat untuk teliti saat membeli hewan kurban. Masyarakat pun diimbau jika mendapati tanda atau sertifikat palsu untuk melaporkan kepada polisi.



(UWA)

Berita Terkait