Parade Lintas Agama Akan Digelar di Kota Bandung

Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani) Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)
Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, berencana menggelar Parade Kerukunan Lintas Agama pada 15 Februari 2020. Parade dimaksudkan sebagai upaya pemkot menjaga kerukunan antarumat beragama.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan (Kesra) Kota Bandung, Bambang Sukardi, mengatakan, rangkaian parade akan melibatkan para tokoh agama. Acara diawali dengan jalan bersama Wali Kota Bandung di Jalan Asia Afrika.

"Rangkaiannya dimulai dengan jalan bersama Wali Kota Bandung dengan Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dari Hotel Savoy Homan ke Panggung Kehormatan. Ada atraksi kesenian, lalu pawai dengan berbagai macam potensi keagamaan dan lima Kampung Toleransi," kata Bambang, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin, 3 Februari 2020.

Ia menuturkan kegiatan tersebut diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan guna mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung. Selain itu, tujuan penyelenggaraan kegiatan juga untuk menebarkan virus toleransi antarumat beragama.

"Tidak hanya dalam membina kerukunan saja, tetapi bisa bersinergi terutama dengan program-program pariwisata. Mudah-mudahan bisa mendongkrak PAD juga," bebernya.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Ahmad Suherman, menambahkan, dengan Parade Lintas Agama menjadi pembuktian Kota Bandung merupakan kota yang toleran dan rukun.

"Bahkan ada kolaborasi antara seni religi dengan budaya. Mudah-mudahan agenda seperti ini bisa diperdalam untuk menjadikan Kota Bandung sebagai kota religi dan kultur bagi wisatawan," imbuh dia.

(IDM)