Sekolah di Depok Diharap Ajarkan Teknologi Agar Siswa Makin Berprestasi

MI/Kisar Raja Gukguk Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Soetarno MI/Kisar Raja Gukguk Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Soetarno

Pemerintah Kota Depok menekankan sekolah harus mampu memacu peningkatan pembelajaran ilmu teknologi dan komunikasi pendidikan. Peningkatan ini dilakukan sehingga mutu pendidikan yang dihasilkan terkatrol.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok Soetarno mengungkapkan dengan penerapan ilmu teknologi dan komunikasi pendidikan tersebut peserta didik diharapkan akan mengenal lebih jauh tentang kemajuan ilmu teknologi yang berkembang sekarang.

“Sarana yang ada sekarang ini sangat menunjang, sehingga dapat menerapkan pembelajaran tentang ilmu teknologi komunikasi kepada peserta didik di sekolah," ungkap Soetarno dikutip dari Media Indonesia, pada Rabu, 9 November 2022. 

Ia menegaskan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dipastikan bisa memberikan pengetahuan serta keahlian tentang ilmu teknologi. Khususnya kepada peserta didik SD, SMP melalui penjaringan minat dan bakat peserta didik. 

"Sekolah selaku pihak institusi pendidikan harus terus memacu kemampuan peserta didik baik itu pada mata pelajaran (Mapel) umum maupun mapel agama,” ujarnya.

Soetarno menambahkan bahwa bekerja di bidang pendidikan merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan keikhlasan dan kesabaran demi untuk menciptakan generasi masa depan yang cerdas. 

"Karena melalui institusi tersebut akan banyak dihasilkan orang-orang cerdas. Kepala sekolah harus bisa meningkatkan mutu pendidikan serta selalu melakukan berbagai inovasi. Kita harus akui bahwa memang untuk meningkatkan mutu pendidikan, bukanlah tugas yang mudah, " ungkapnya. 

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yakni salah satunya kualitas guru dan kepala sekolah. Kepala sekolah menjadi satu diantara kunci kemajuan teknologi dan komunikasi pendidikan," tekannya. 

Baca Juga: E-Sport Indonesia Cetak Beragam Prestasi, Kemenpora Berikan Penghargaan untuk Ketum PBESI

Namun, hal tersebut akan menjadi pekerjaan rumah bagi semua untuk lebih meningkatkan profesionalitas dan kinerja. Tidak hanya itu, perlu pula dilakukan pemetaan mutu pendidikan melalui satuan pendidikan masing-masing. 

"Kepada setiap satuan pendidikan agar dapat membuat peta mutu pendidikan guna mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing," tambahnya. 

Namun, memang perlu dukungan pemerintah begitu pun juga masyarakat dan orang tua agar itu terealisasi. Terutama di setiap satuan pendidikan baik di tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP. 

"Tentunya perlu dukungan bersama sehingga kualitas pendidikan bisa terus meningkat, berbagai upaya kita coba lakukan," pungkasnya.



(SUR)

Berita Terkait