Pemkot Bandung Targetkan Proyek 3 Rumah Pompa Rampung Akhir 2023

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi saat memberikan keterangan di Plaza Balai Kota, Bandung, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). ANTARA/Rubby Jovan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi saat memberikan keterangan di Plaza Balai Kota, Bandung, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). ANTARA/Rubby Jovan
Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan tiga rumah pompa air, yang tersebar di wilayah Cibaduyut, Leuwipanjang, dan Pasirkoja di Kota Bandung, Jawa Barat, rampung dikerjakan akhir 2023. Tenggat kontrak kerja pembangunan rumah pompa jatuh sebelum pergantian tahun,

"Kontraknya selesai 27 Desember, berarti tiga-tiganya (rumah pompa) selesai akhir tahun, mudah-mudahan lancar," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi dilansir dari Antaranews, Senin, 13 November 2023.

Didi mengatakan pembangunan rumah pompa untuk menghadapi musim hujan. Terutama mengantisipasi banjir di kawasan rumah pompa saat musim hujan tiba.

Rumah pompa di kawasan Citarip saat ini masih dalam tahap perbaikan akibat terkendala banyaknya sampah yang menyulitkan mesin pompa untuk menyedot air banjir.

"Rumah pompa di Citarip ini belum optimal karena sampahnya masih jadi kendala. Jadi, ini sedang kita terus perbaiki supaya efektif," katanya.

Selain pembangunan rumah pompa, kata dia, pemerintah kota juga telah menuntaskan pembangunan 11 kolam retensi (penyimpanan atau penahanan air) sebagai salah satu solusi mitigasi bencana banjir.

"Nanti, kita akan melakukan penambahan dan perbaikan kolam retensi, semoga hal ini bisa mereduksi banjir di Kota Bandung," kata Didi.

(SUR)

Berita Terkait