Ini 5 Kawasan di Gunung Semeru yang Dinilai Angker oleh Para Pendaki

Puncak Mahameru. Foto: dailyvoyagers. Puncak Mahameru. Foto: dailyvoyagers.

Dadali:  Gunung Semeru meluapkan lahar dan guguran awan panas pada Sabtu, 4 Desember 2021. Seperti diketahui popularitas gunung setinggi  3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu semakin terangkat setelah film 5 cm. Film produksi Sunil Soraya pada 2012 itu memperlihatkan keindahan alam Gunung Semeru.

Di balik indahnya fenomena alam di sepanjang jalur pendakian, Gunung Semeru juga menyimpan kisah misteri yang berkembang di kalangan pendaki, lho. Dirangkum dari Medcom.id, berikut tempat yang dipenuhi hawa misteri di Gunung Semeru:

1. Arcopodo
Tempat yang dinilai memiliki kesan mistis di Gunung Semeru yakni dua patung bersejarah di area Arcopodo. Area Arcopodo merupakan dataran luas di kaki Gunung Semeru yang sering dipakai sebagai tempat peristirahatan para pendaki.

Orang-orang yang memiliki mata batin dikatakan dapat melihat dua pasang arca prajurit dari era Majapahit di area tersebut. Mereka dipercaya sebagai penjaga Gunung Semeru.

Sebagian orang mengaku melihat arca dengan ukuran sangat besar. Namun, ada pula pendaki yang mengaku melihat arca dalam ukuran kecil.

2. Ranu Kumbolo
Misteri Gunung Semeru selanjutnya adalah kisah penghuni Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl di Gunung Semeru. Masyarakat sekitar percaya akan keberadaan dewi berpakaian kebaya kuning di Ranu Kumbolo.

Para pengunjung dilarang mandi, mencuci, bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau. Para pengunjung juga dilarang memancing atau menangkap ikan apa pun di danau tersebut. Konon katanya, dewi itu suka menjelma menjadi ikan emas besar yang bertugas menjaga wilayah tersebut.  

Baca juga: Ketua DPR Minta Penanganan Warga Korban Erupsi Gunung Semeru Jadi Prioritas

3. Kawasan Kelik
Kelik menjadi kawasan yang cukup terkenal lantaran menjadi area penghormatan pendaki yang meninggal selama pendakian. Salah satunya, aktivis Soe Hok Gie.

Sekilas tampak tak menakutkan, namun banyak kejadian horor yang dialami pendaki. Beberapa pendaki sering kesurupan di kawasan Kelik. Lantaran sering terjadi kejadian aneh, setiap pendaki diingatkan untuk menjaga perkataan dan pikiran selama mendaki Gunung Semeru.

4. Kalimati
Kawasan Kalimati merupakan padang rumput seluas 20 hektar yang dipenuhi bunga edelweis dan pohon cemara. Para pendaki menyukai area ini karena dapat mendirikan tenda di tanah yang datar.

Di balik indahnya kawasan ini, ada kisah seorang pendaki yang hampir meninggal karena kedinginan. Anehnya, secara tiba-tiba pendaki ini terbangun sendiri. Konon, ia dibangunkan sesosok makhluk gaib yang memeluknya hingga tersadar.

5. Puncak Mahameru
Untuk yang terakhir yakni Mahameru yang merupakan sebutan puncaknya Gunung Semeru sebagai titik tertinggi di Tanah Jawa. Di balik keindahannya, Puncak Mahameru dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa.

Menurut sesepuh setempat, Anda bisa mendengar suara bahkan melihat penampakan para dewa dengan bertapa selama berbulan-bulan di gunung ini.

Terlepas dari kebenaran atau mitos lokasi tersebut, Gunung Semeru saat tenang memang wajib masuk daftar dikunjungi bagi Anda mencintai alam.



(NAI)

Berita Terkait