5 Tips Jitu Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Bekerja selama bulan puasa memang memiliki tantangan tersendiri. Tidak sedikit orang yang merasa lemas dan kantuk saat menjalani aktivitas sehari-hari di bulan puasa.  

Jangan khawatir! Kamu tetap bisa produktif meski sedang menjalani puasa, lho. Melansir dari Medcom, berikut lima tips yang bisa dilakukan untuk tetap semangat bekerja selama bulan puasa:

1.     Rencanakan jadwal rutinitas

Tips produktif di bulan puasa yang pertama dapat diawali dengan menyusun to do list. Membuat jadwal kegiatan untuk esok hari dapat membuat aktivitas harian menjadi lebih terstruktur. Selain itu, jadwal rutinitas juga dapat membantu kamu mengidentifikasi hal apa saja yang harus difokuskan. Dengan memiliki prioritas, aktivitas sehari-hari kamu akan menjadi lebih produktif dan teratur.

2.     Istirahat sejenak

Memaksakan diri untuk terus bekerja akan mengurangi tingkat produktivitas kerja kamu. Oleh karena itu, cobalah istirahat sejenak jika merasa capek dan mengantuk . Istirahat sejenak meninggalkan meja kerja penting dilakukan untuk mengurangi stres dan memulihkan stamina. 

Kamu tidak perlu istirahat terlalu lama, cukup beberapa menit saja. Kamu bisa berjalan-jalan sebentar, melakukan peregangan sederhana, atau mengobrol dengan rekan kerja. Namun, tidak melakukan apa-apa dan menenangkan diri juga dapat membuatmu kembali segar dan siap untuk kembali kerja.

3.     Sesuaikan jam tidur

Selama Ramadan, jadwal tidur akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jam tidur kita. Kamu dapat tidur siang selama 15-20 menit setelah bekerja untuk membantu tubuh tetap bugar. 

4.     Konsumsi makanan sehat untuk sahur

Tubuh manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas. Energi tersebut didapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Sama halnya ketika bulan Ramadan, apa yang dikonsumsi sebelum mulai puasa memainkan peran penting terhadap produktivitasmu sepanjang hari. Sebaiknya, makan makanan yang sehat dan bergizi. Jangan lupa minum air yang banyak saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi.

5.     Fokus bekerja dan jangan menghitung waktu

Selama menjalani puasa, sebaiknya jangan terus-terusan menatap jam dan menghitung waktu. Sebab, hal ini justru akan membuat hari kamu terasa lebih menderita. Sebaiknya selesaikan saja daftar tugas yang telah dibuat dan tetap fokus bekerja. Dengan begitu, waktu akan terasa lebih cepat berlalu. Tanpa kamu sadari, waktu berbuka pun telah tiba.

Meskipun bulan puasa terasa lebih berat dari hari biasanya, kamu tetap harus memaksimalkan kinerja saat berpuasa, ya! Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Tetap semangat menjalani rutinitas sehari-hari.



(SUR)