Ganjil Genap Jalur Puncak Bogor Diklaim Turunkan Mobilitas Kendaraan

Suasana jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, ramai lancar setelah penerapan ganjil genap yang diberlakukan untuk menekan mobilitas kendaraan, Minggu, 19 September 2021. ANTARA POTO/ Ahmad Fikri Suasana jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, ramai lancar setelah penerapan ganjil genap yang diberlakukan untuk menekan mobilitas kendaraan, Minggu, 19 September 2021. ANTARA POTO/ Ahmad Fikri

Dadali: Pemberlakuan sistem ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar), diklaim menurunkan mobilitas kendaraan hingga 25 persen. Rencananya sistem itu akan terus dilakukan setiap akhir pekan, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu. 

"Di Puncak bagus, walaupun penurunannya hanya 20 sampai 25 persen. Tapi itu sangat membantu," kata Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Eddy Djunaedi, di Markas Polda Jawa Barat, Selasa 21 September 2021.
 
Baca: Jenazah Nakes Gabriela Dievakuasi dari Kiwirok Pegunungan Bintang

Menurut Eddy, sistem gage (ganjil genap) juga efektif dalam mengurangi kemacetan di kawasan tersebut. Di sisi lain, sistem gage bertujuan guna menahan laju penyebaran covid-19.

Eddy menyebut pelaksanaan ganjil genap di kawasan Puncak dilakukan di tiga sisi area. Para petugas di lapangan melakukan penyekatan di tiga sisi tersebut.
 
"Dari tiga sisi yang akan menuju puncak sudah dilakukan penyekatan jadi ada dampak positifnya, kemarin sudah kita evaluasi tingkat polres dan polda. Tetap dilanjutkan setiap Jumat sampai Mingggu termasuk di Kota Bandung dan semua tempat wisata sudah dilakukan ganjil genap," jelas Eddy, melansir dari Medcom.id. (P Aditya Prakasa)
 



(RAO)

Berita Terkait