BKD Jabar Tes Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural ASN Garut

Sejumlah ASN mengikuti kegiatan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural oleh Asesor Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat di Garut, Jawa Barat, Senin (3-10-2022). ANTARA/HO-Diskominfo Garut Sejumlah ASN mengikuti kegiatan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural oleh Asesor Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat di Garut, Jawa Barat, Senin (3-10-2022). ANTARA/HO-Diskominfo Garut

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat menggelar tes kompetensi manajerial dan sosial kultural untuk 178 aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Tes ini digelar untuk mencari birokrat profesional, berkualitas, dan berjiwa pemimpin yang berorientasi pada pelayanan.

“Hari ini kami melakukan tes melalui CAT (computer assisted test), jadi soal-soal sudah ada itu untuk mengetahui kompetensi maupun potensi yang ada di setiap pegawai,” ujar Asesor SDM Aparatur Ahli Utama BKD Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, dilansir dari Antara, Selasa, 4 Oktober 2022.

Tes digelar setelah Bupati Garut, Rudy Gunawan, meminta BKD Jawa Barat menyelenggarakan seleksi bagi ASN di lingkungan pemkab setempat. Sehingga, siapa saja yang memenuhi syarat menduduki jabatan eselon 3 dapat disaring.

Salah satu tujuan tes kompetensi ini ialah mengumpulkan data profil setiap pegawai. Terutama nilai kompetensi manajerial maupun sosial kultural dari setiap pegawai.

Asesmen ini juga menjadi salah satu bagian sistem merit yang tengah dibangun pemerintah. Terlebih, pemerintah ingin ASN bekerja secara profesional, berintegritas, dan mempunyai kinerja yang baik.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut ada 178 ASN dengan jabatan eselon 4 dan jabatan fungsional mengikuti tes itu. Mereka akan menduduki jabatan eselon 3.

“Nanti Pemerintah Kabupaten Garut akan diisi orang-orang berkualitas sehingga dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi itu juga berkualitas,” tutur Helmi.



(SUR)

Berita Terkait