Puluhan Kios di Pasar Ciawitali Garut Hangus Terbakar

ilustrasi/Medcom.id ilustrasi/Medcom.id

Garut: Kebakaran terjadi di Blok G Pasar Ciawitali, Kabupaten Garut, sekitar pukul 21.30 WIB, Rabu, 24 Mei 2023. Walau tak menimbulkan korban jiwa, sebanyak 20 kios milik pedagang hangus terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Eded Komara, mengatakan kebakaran bermula dari salah satu kios yang terdengar bunyi ledakan. Api pun merembet ke kios lainnya. 

"Awal kebakaran itu terjadi dari salah satu kios berada di tengah blok G yang terdengar suara ledakan hingga merembet ke kios lainya setelah tertiup angin dan belum dipastikan dari tabung gas tapi dugaan dari jaringan listrik," kata Eded, dilansir dari Media Indonesia, Kamis, 25 Mei 2023.

Eded mengatakan, pihaknya mengirimkan empat kendaraan pemadam kebakaran agar api tidak meluas ke kios lainnya. Api pun berhasil dipadamkan oleh para petugas gabungan bersama masyarakat.

Ia menerangkan, hampir seluruh barang yang dimiliki pedagang hangus terbakar. Sementara itu, tim gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD, tetap bersiaga karena kondisi hujan yang tak kunjung turun sehingga antisipasi masih terus dilakukan. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, berdasarkan keterangan dari pedagang dan petugas keamanan pasar, kebakaran terjadi karena arus pendek listrik di kios penggilingan bakso.

"Memastikan tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Akan tetapi, taksiran kerugian diperkirakan lebih dari Rp 300 juta. Namun, anggota siap siaga dalam peristiwa tersebut untuk memberi pelayanan bagi masyarakat," terangnya.



(SUR)

Berita Terkait