4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Selama bulan puasa, umat Islam tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Oleh karena itu, asupan makan selama puasa pun sangat penting untuk diperhatikan.

Kamu harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi, terutama pada saat sahur. Karena makanan yang dikonsumsi saat sahur menjadi cadangan energi untuk beraktivitas seharian selama berpuasa.

Makanan untuk sahur harus bergizi dan kaya akan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari. Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur?

Mengutip dari Medcom, berikut 4 jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur:

1.     Buah dan sayur kaya kalium

Kalium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium saat sahur. Seperti kacang-kacangan, sayuran hijau gelap, kentang, labu, yogurt, alpukat, jamur, dan pisang.

2.     Cukup cairan

Selama puasa, kamu harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Minumlah air putih atau jus buah saat sahur untuk mencegah dehidrasi. Kamu setidaknya harus minum sebanyak dua gelas air putih saat sahur.

3.     Kacang mentah

Kacang mentah sangat cocok dikonsumsi saat sahur karena bisa membuatmu merasa lebih kenyang dan terkendali, tanpa harus makan berlebihan. Almond adalah salah satu jenis kacang yang baik untuk tubuh. Almond mengandung banyak lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung almond saat sahur.

4.     Sayuran yang menghidrasi

Selain makanan di atas, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan air. Seperti, mentimun, selada, dan sayuran lainnya. Sayuran tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga dapat membantu menghindari sembelit selama puasa.



(UWA)