Demi Keamanan, Rutan Depok Deteksi Dini Cegah Kebakaran

Rutan Depok, Jawa Barat. Rutan Depok, Jawa Barat.

Dadali: Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok, Jawa Barat, melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana rutin. Hal ini dilakukan guna mencegah kebakaran dan mewujudkan rasa aman serta kondusif.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhammad Irvan Muayat, mengatakan pihaknya akan memantau seluruh area blok hunian. Khususnya tentang kerapian instalasi listrik.

"Kegiatan pemeliharaan dan perawatan akan terus dilakukan rutin demi mencegah potensi terjadinya kebakaran di rutan. Kami juga langsung memeriksa instalasi listrik yang ada di blok-blok hunian " kata Irvan, usai melakukan apel siaga pegawai.

Dalam kegiatan tersebut, petugas secara teliti memeriksa sisi demi sisi jalur instalasi listrik. Hal itu memang merupakan tanggung jawab petugas dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kemudian, petugas bakal melakukan sosialisasi WBP terkait bahaya korsleting listrik. Diharapkan timbul kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, serta berperan aktif ketika ada hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban.

"Perlu kita budayakan untuk responsif dan saling mengingatkan terhadap lingkungan sekitar," katanya, seperti dilansir dari Antara, Kamis, 9 September 2021.

Ia mengatakan tindakan preventif dapat dilakukan dengan pemeliharaan serta pengawasan secara rutin dan konsisten. Apel tersebut juga bertujuan sebagai penguatan terhadap optimalisasi kecakapan dan ketelitian kinerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan.

"Kita belajar dari berbagai pengalaman yang ada, hari ini kita berkumpul untuk saling mengingatkan, saling belajar untuk lebih memiliki kepedulian yang tinggi," katanya lagi. (Antara)



(RAO)