BBPOM Serang Temukan Ratusan Obat dan Jamu Ilegal

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Serang (BBPOM) Serang mengambil tindakan tegas untuk melindungi masyarakat Banten dari ancaman produk obat dan makanan ilegal Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Serang (BBPOM) Serang mengambil tindakan tegas untuk melindungi masyarakat Banten dari ancaman produk obat dan makanan ilegal

Serang: Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Serang (BBPOM) Serang Mojaza Sirait mengungkapkan temuan yang mengkhawatirkan hasil intensifikasi pengawasan mereka. Dalam kerja sama dengan sektor terkait, seperti Polres Metro Tangerang dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, BBPOM Serang menemukan 101 item obat ilegal senilai sekitar Rp33.250.000 melibatkan 6 sarana distribusi, terutama di toko obat.

“Tahun ini, BBPOM Serang masih menemukan jamu yang mengandung BKO dalam beberapa pemeriksaan distribusi obat tradisional, sebagian besar berasal dari Cina. Upaya kami tidak hanya terbatas pada temuan di sarana distribusi, tetapi juga mencari sumber bahan kimia obat tersebut dan produsennya,” ujar Mojaza Sirait, dikutip dari Banten News, Jumat, 15 September 2023.

Mojaza menegaskan bahwa obat dan jamu yang mengandung BKO dapat berdampak serius pada kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jangka panjang. BBPOM Serang akan terus memberlakukan sanksi administratif dan hukum terhadap pelaku usaha yang menjual produk ilegal tersebut meski sanksi berat seperti pencabutan izin edar adalah pilihan.

“Untuk tahun ini belum ada pelaku usaha yang mencapai tahap tersebut, karena BBPOM Serang masih memberikan kesempatan untuk pembinaan,” ujarnya.



(SUR)

Berita Terkait