883 Jalan Rusak di Bekasi Diperbaiki, Dimulai dari Paling Parah

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Bekasi: Pemerintah mulai memperbaiki jalan rusak di Kota Bekasi, Jawa Barat. Total ada sebanyak 883 jalan yang diperbaiki. 

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Idi Susanto mengatakan jalan yang diperbaiki tersebut terdiri dari jalan utama dan jalan lingkungan yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi. Perbaikan jalan pun akan dilakukan hingga akhir 2023. 

"Hingga saat ini ada 883 ruas jalan yang dibenahi, jalan lingkungan maupun jalan utama. Kalau untuk progresnya bervariatif ada yang sudah selesai dan ada yang masih berjalan," kata Idi m dikutip dari Medcom, Jumat, 21 Juli 2023.

Idi menjelaskan perbaikan jalan dilakukan berdasarkan skala prioritas dan tingkat kerusakan. Jalan yang tingkat kerusakannya lebih parah pun akan diperbaiki terlebih dahulu. 

"Kita dahulukan yang bersifat darurat, misalnya banyak pengguna jalan, lubang jalan berada di tengah dengan kedalaman 5 sampai 10 cm, rawan kecelakaan, serta jalan besar seperti jalan protokol," jelasnya.

Menurut Idi, perbaikan jalan rusak merupakan salah satu prioritas utama pemerintah. Hal ini pun sangat penting untuk untuk mendukung mobilitas warga dan menunjang aktivitas ekonomi.

"Jika kualitas jalannya bagus ini menjadi penunjang dalam pertumbuhan ekonomi dan pemerintah daerah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," terangnya.

IDI mengungkapkan kerusakan jalan tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi dan usia jalan yang sudah lama. Perbaikan jalan pun dilakukan dengan metode tambal sulam hingga pengecoran.

"Dalam hal ini DBMSDA hanya memperbaiki jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bekasi. Sedangkan ruas jalan yang berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi dan pusat sudah memiliki tim tersendiri," ucap Idi.



(SUR)

Berita Terkait