Mantap Pisan! Jabar Bakal Punya Jembatan Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia

Sumber:  Instagram @ridwankamil Sumber: Instagram @ridwankamil

Dadali: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan Indonesia segera memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia. Nantinya, Jembatan gantung pejalan kaki (suspension/cable-stayed bridge) terpanjang di dunia akan dibangun di Megamendung Bogor, Jawa Barat.

Melalui unggahan akun Instagramnya, Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar itu, memproyeksikan jembatan yang memiliki panjang 530 meter akan rampung pada 2023.

"Jika selesai 2023, jembatan manusia ini akan terbentang sepanjang 530 meter, mengalahkan jembatan gantung terpanjang di dunia sekarang," tulis Kang Emil, dikutip dari  akun Instagramnya @ridwankamil, Minggu, 24 Oktober 2021.

Baca juga: Jangan Setiap Hari! Ini Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Keramas Agar Rambut Tetap Sehat

Diketahui pembuatan jembatan ini merupakan proyek dari  Eiger Adventure Land, yang merupakan perusahaan apparel kegiatan outdoor dari Indonesia. Jembatan ini juga akan menjadi program pariwisata unggulan di Jabar

Kang Emil berharap agar pembangunan bisa sesuai rencana dan memberikan dampak bagi masyarakat Jabar. "Kita doakan semoga lancar, serta memberikan kemaslahatan bagi lingkungan dan kesejahteraan untuk masyarakat," tuturnya

Sampai saat ini rekor jembatan gantung terpanjang dipegang oleh jembatan 516 Arouca di Portugal. Jembatan itu menggantung 175 meter di atas sungai, dan panjangnya 516 meter.



(NAI)