Angklung Bantu Terapi Pasien Demensia di Qatar

Alata musik angklung. Medcom.id Alata musik angklung. Medcom.id

Jakarta: Institusi kesehatan terbesar di Qatar, Hamad Medical Corporations (HMC) bekerja sama dengan Alzheimer Indonesia (ALZI) Chapter QatarIndonesian Ladies Angklung (ILA) dan KBRI Doha dalam penyelenggaraan lokakarya tentang pengaruh musik angklung bagi pasien demensia pada 17 September 2023.

"Hari ini kita tahu, nenek moyang kita menciptakan angklung tidak hanya sebagai alat hiburan, tetapi juga dapat menjadi alat terapi bagi mereka yang memerlukan," tutur Dubes RI untuk Qatar Ridwan Hassan, dilansir dari Antara, Kamis, 21 September 2023.

Ridwan juga mengapresiasi pihak HMC yang mengajak komunitas Indonesia seperti ALZI dan ILA dalam mempromosikan angklung sebagai alat terapi demensia.

Ketua ALZI Qatar Kennia Lestariyani Sulis menuturkan musik merupakan metode terapi bagi penyintas demensia sejak lama. Ia melanjutkan, alat musik seperti gamelan dan angklung memberikan efek positif dari segi medis untuk mengobati orang yang terkena demensia.

"Keyakinan ini juga yang membuat Hamad Medical Corporations berinisiatif menggandeng komunitas Indonesia di Qatar melalui ALZI Qatar dan Indonesian Ladies Angklung (ILA) untuk memperkenalkan musik angklung sebagai alat terapi bagi pasien dengan gejala demensia," lanjut dia.

Demensia merupakan suatu kondisi pada seseorang yang ditandai dengan menurunnya cara berpikir serta daya ingatnya. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh penyakit Alzheimer maupun gejala stroke.



(SUR)