Kandang Hewan Ternak di Bogor Disemprot Disinfektan

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id
Dadali: Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang-kandang ternak di Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Selain melakukan penyemprotan, kami juga memberikan sosialisasi kepada peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang ternaknya," ujar Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S. Rasmana dilansir dari Medcom.id, Kamis, 19 Mei 2022.

Dirinya menambahkan pihaknya telah menyiapkan obat-obatan sebagai upaya pencegahan untuk meningkatkan daya tahan hewan ternak. Selain itu DKPP Bogor sudah mengajukan pakaian hazmat untuk kebutuhan penangan jika ada hewan ternak yang terjangkit penyakit.

"Intinya kami telah melakukan segala jenis pencegahan dan penanganan terkait hewan ternak yang ada di Kota Bogor," ujar Anas.

Sementara itu, dirinya juga memberikan syarat untuk suplai sapi yang berasal dari luar daerah. Hewan tersebut harus memiliki mengantongi dokumen persetujuan dari DKPP melalui petugas otoritas veteriner.

"Dengan syarat dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal dan ada tambahan yang wajib disertakan yakni uji lab PCR PMK," ucap Anas.

(UWA)