Penuh Makna dan Kedamaian, Ini Kumpulan Ucapan Iduladha 2021 untuk Keluarga dan Kerabat

Foto: Freepik.com Foto: Freepik.com

Dadali: Tak terasa, dua hari lagi seluruh umat Islam merayakan Iduladha 2021 atau 1442 Hijriah. Hari Raya yang jatuh pada Zulhijah ini merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bagaimana tidak? Umat Islam yang mampu akan berkurban pada hari raya tersebut. 

Sama seperti tahun sebelumnya, Iduladha 2021 juga masih dihiasi pandemi covid-19. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah membuat aturan terkait proses penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Iduladha di tengah pandemi covid-19. Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021. 

Dalam SE disebutkan bahwa penyembelihan hanya boleh dihadiri oleh petugas penyembelih atau panitia kurban dan disaksikan oleh pihak yang berkurban. Kondisi itu pun membuat sejumlah masyarakat merasa sedih karena tidak bisa menyaksikan penyembelihan hewan seperti yang biasanya dilakukan sebelum pandemi covid-19 melanda Indonesia.

Meski begitu, bukan berarti Iduladha kali ini tidak bisa semeriah tahun-tahun sebelumnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memeriahkan Hari Raya Iduladha tanpa harus menyaksikan penyembelihan hewan kurban secara langsung dan bertemu keluarga atau kerabat, yakni dengan mengirimkan ucapan.

Dengan perkembangan internet yang sangat pesat, kalian juga bisa mengirimkan ucapan via sosial media, sehingga tidak perlu repot-repot mengirimkan surat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kumpulan ucapan Iduladha 2021 penuh makna dan kedamaian yang cocok untuk kalian kirimkan, baik ke keluarga maupun kerabat dekat:

1. “Takbir berkumandang. Mengagungkan kebesaran-Nya. Maafkan aku ya kawan-kawan. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

2. “Tangan telah bergerak, kata telah terucap, dan prasangka telah terungkap. Tiada kata, selain maaf yang bisa dikuberikan. Semoga kita semua bisa mendapatkan kemenangan yang hakiki pada Lebaran tahun ini. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

3. “Semoga Allah SWT menerima amalku dan amalmu serta mengampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

4. “Gema takbir mulai berkumandang. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021. Semoga kita selalu diberkahi rezeki dan kesehatan agar bisa berkumpul bersama keluarga.”

5. "Waktu mengalir bagaikan derasnya air, tak terasa setahun sudah kita menanti hari penuh kemenangan dan keikhlasan ini. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

6. "Cinta sejati adalah sebuah wujud pengorbanan yang ikhas, sama halnya dengan pengorbanan Ismail. Semoga rahmat dan hidayah Allah menyertai kita semua. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

7. “Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021. Semoga semangat berkurban kita dapat memperkuat keimanan dan rasa kemanusiaan kita.”

8. “Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkurban dan mohon maaf lahir dan batin.”

9. “Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/ 2021. Semoga hari raya kurban ini, iman dan kemurnian berlimpah pada hidup kamu serta penuh dengan sukacita dan kesehatan yang baik.”

10. “Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1442 H/2021. Semoga semangat di hari kemenangan ini selalu memenuhi relung hati dengan kebahagiaan, serta kegembiraan. Mohon maaf lahir dan batin.”

11. “Pada kesempatan yang menggembirakan ini, izinkan saya mengucapkan harapan serta doa bagi kita semua. Semoga kebahagiaan serta rahmat dari Allah SWT selalu membanjiri, sehingga kita akan terus bersyukur dan terus bertakwa pada-Nya. Selamat merayakan Iduladha 1442 H/2021. Mohon maaf lahir dan batin.”

12. “Ya Allah jadikanlah setiap helaan napas kami sebagai bukti cinta kepada-Mu. Jadikanlah kurban kami sebagai jalan panjang-Mu. Selamat hari raya Iduladha 1442 H/2021, mohon maaf lahir dan batin.”

13. “Orang yang lemah tidak mampu memaafkan karena memaafkan hanyalah milik orang-orang yang kuat. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021, mohon maaf lahir dan batin.”

14. “Awali hari kurbanmu dengan penuh senyuman dan kebahagiaan layaknya mereka yang bahagia menerima pemberianmu. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021. Semoga kurban yang dilakukan dipenuhi keberkahan oleh Allah SWT.”

15. “Selamat Iduladha 1442 H/2021. Semoga di hari yang suci ini membuat hati kita semakin ikhlas menerima semua cobaan di masa-masa terberat seperti saat ini.”

16. “Indahnya kata-kata karena lisan, indahnya taman karena berbunga, indahnya persahabatan karena bermaafan, indahnya lebaran karena kita saling merayakan. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

17. “Memaafkan memang tidak akan mengubah masa lalu, namun dengan memaafkan masa depan akan penuh dengan persaudaraan yang terjalin. Semoga di hari yang penuh berkah ini, kita dapat saling memaafkan dan dilimpahkan keberahan. Selamat Merayakan Iduladha 1442 H/2021.”

18. “Walaupun tahun ini cukup berbeda dengan hari raya sebelumnya, ketika jarak semakin dibatasi namun hati dan keikhlasan tidak terbatas. Kini saatnya semakin mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa. Di hari yang suci ini tak ada salahnya untuk saling menyapa dan memaafkan. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

19. “Teruntuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah ini. Untuk jiwa yang pernah perih oleh buruknya tingkah laku. Untuk perasaan yang pernah hancur oleh ego yang tak mau mengalah. Mohon maaf lahir dan batin, semoga dalam suasana lebaran kali ini senantiasa kita diberikan keberkahan. Selamat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.”

20. “Karena doa menjadi cara mencintai yang paling rahasia. Aku doakan semoga hidupmu selalu bahagia. Selamat Iduladha 1442 H/2021, mohon maaf lahir dan batin.”



(SYI)

Berita Terkait