Cara Memperingati Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi

(Sumber: Shutterstock) (Sumber: Shutterstock)

Dadali: Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap 25 November. Tahun ini peringatan HGN tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak? Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia kurang lebih selama 8 bulan ini mau tidak mau memaksa kita untuk mengurangi interaksi dengan orang lain.

Biasanya sekolah-sekolah akan mengadakan kegiatan khusus memperingati HGN. Para siswa-siswi berinisiatif untuk membuat suatu kreativitas yang dilayangkan kepada gurunya sebagai tanda terima kasih mereka. Namun, saat ini mayoritas proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Kemungkinan besar kegiatan di sekolah pun ditiadakan untuk memperingati HGN.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan pedoman peringatan Hari Guru Nasional 2020 di tengah pandemi covid-19. Kemendikbud akan menyelenggarakan upacara bendera peringatan HGN 2020 pada 25 November 2020 pukul 08.00 WIB secara tatap muka dengan peserta yang terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Instansi pusat, instansi daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka dengan berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Sedangkan bagi yang berada di zona oranye atau merah, tidak diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara tatap muka. Kemendikbud mengimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI.

Masyarakat juga bisa ikut meriahkan HGN 2020 dengan mempublikasikan karyanya dengan menggunakan logo dan tema HGN yang telah ditetapkan melalui media publikasi cetak, elektronik, dan media sosial.

 

Buka: Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional 2020



(SYI)

Berita Terkait