SEA Games 2019: Timnas Indonesia Bungkam Thailand

Para pemain Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Thailand (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan) Para pemain Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Thailand (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Manila: Timnas Indonesia U-23 sukses membungkam Thailand pada laga kedua Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, Selasa 26 November. Garuda Muda memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Tim asuhan pelatih Indra Sjafri langsung menggebrak di awal laga. Serangan dari kedua pemain sayap, Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri, langsung menggempur pertahanan lawan.

Terbukti serangan sayap Indonesia langsung berbuah hasil di menit ketiga. Egy Maulana berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan Evan Dimas Darmono hasil kemelut usai sepak pojok.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan lima menit berselang. Sayang sepakan Egy Maulana dari tepi kotak penalti masih bisa diamankan kiper Nont Muangngam.

Saddil Ramdani mengancam pertahanan Thailand dari sisi kiri di menit ke-26. Namun umpan silang tajam yang dilepaskannya ke muka gawang Thailand tak ada yang mampu disambut rekannya.

Thailand yang terus ditekan tak tinggal diam dan balas mengancam. Beruntung beberapa peluang Thailand masih belum ada yang serius mengancam gawang Nadeo Arga Winata.

Thailand kembali mengancam di akhir babak pertama lewat tendangan bebas Anon Amornlerstak. Beruntung bola yang mengarah ke depan gawang Indonesia lebih dahulu ditinju Nadeo Arga Winata.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, belum ada gol yang kembali tercipta. Indonesia sementara masih unggul 1-0 dari Thailand hingga turun minum.

Pelatih Indra Sjafri memutuskan mengganti Egy Maulana di babak kedua. Egy mengalami masalah otot dan posisinya digantikan Feby Eka Putra.

Sejurus kemudian, Indonesia mendapatkan peluang emas di menit ke-55. Sayang sepakan Asnawi Mangkualam Bahar dari sisi kanan yang berusaha mengirimkan bola ke mulut gawang masih digagalkan mistar gawang.

Thailand membalas lewat serangan balik dan sepakan Supachok Sarachat. Beruntung upaya pemain bernomor punggung 10 tersebut masih belum menghasilkan gol.

Indonesia kembali melakukan pergantian pemain di babak kedua. Kali ini Evan Dimas dan Muhammad Rafli ditarik keluar dan digantikan Rahmat Irianto dan Osvaldo Haay.

Thailand yang mencari gol penyeimbang mendapatkan peluang emas di menit ke-70. Beruntung sepakan first time Sittichok Paso melambung di atas gawang Nadeo.

Peluang itu langsung direspons Saddil lima menit kemudian lewat tembakan jarak dekat. Sayang tendangan kaki kirinya masih melayang ke atas gawang Thailand.

Saddil kembali membuang peluang mencetak gol bagi Indonesia di menit 79. Umpan matang Osavaldo hasil penetrasinya di sisi kiri gagal dituntaskan sempurna mantan pemain Pahang FA tersebut.

Indonesia akhirnya berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit 86. Serangan balik cepat Garuda Muda lewat kaki Saddil dituntaskan dengan tenang Osvaldo Haay ke gawang Thailand.

Gol tersebut pun menjadi yang terakhir tercipta di laga tersebut. Indonesia suskes menggondol poin penuh di Grup B.

Sayang, Indonesia masih kalah produktivitas gol dari Vietnam. Membuat Egy Maulana Cs masih menempati posisi kedua di bawah Vietnam, meski sama-sama meraih tiga poin.

Vietnam unggul produktivitas gol setelah pada laga perdana Grup B mengalahkan Brunei Darussalam. Tak tanggung-tanggung, Brunei dicukur Vietnam enam gol tanpa balas.

Indonesia selanjutnya akan melakoni laga kedua Grup B menghadapi Singapura. Laga di Rizal Memorial Stadium tersebut akan digelar pada Kamis 28 November.

Susunan pemain:

Thailand
: Nont Muangngam, Tritathorn Auksornsri, Shinaphat Leeaoh, Srayut Sompim, Saringkan Promsupa, Anon Amornlertsak, Jaroensak Wonggorn, Chatmongkol Tongkiri, Kritsada Kaman, Supachi Chaided, Suphanat Mueanta.

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

(IDM)