Truk Bermuatan Kayu Terguling di Tanjakan Gentong Tasikmalaya

Truk pengangkut kayu terguling di Tanjakan Gentong menyebabkan kemacetan panjang dari dua arah. MI/KRISTIADI Truk pengangkut kayu terguling di Tanjakan Gentong menyebabkan kemacetan panjang dari dua arah. MI/KRISTIADI

Dadali: Kecelakaan terjadi di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu pagi, 29 Mei 2021. Sebuah truk berpelat Z 9213 YA bermuatan kayu terguling dan berimbas ke arus jalan di sana. Alhasil, kemacetan panjang tak terelakan sepanjang lima kilometer terjadi di jalur selatan Jawa yang menguhubungkan Tasikmalaya menuju Bandung.

Saat kejadian, truk dikemudikan Hendrayana, warga Kota Sukabumi. Selain menyebabkan antrean mengular di jalur Tasikmalaya-Bandung, kemacetan serupa juga terjadi di jalur berlawanan Bandung-Tasikmalaya.
 
Petugas Polsek Kadipaten dan Polresta Tasikmalaya pun menerapkan kebijakan buka tutup untuk kendaraan dari dua jalur. Petugas juga berusaha mengangkut kayu yang berserakan dan membersihkan badan jalan.

Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Kadipaten Inspektur Satu Edi Suprayitno, mengatakan peristiwa terjadi pukul 05.30 WIB. Truk pengangkut kayu datang dari arah Banjar menuju Bandung.
 
Saat berada di lokasi, truk diduga tidak kuat menahan beban di jalan menanjak. Akibatnya, truk mundur dan terguling.

Baca juga: Polisi Pastikan Pesawat Latih yang Jatuh di Depok Tak Meledak
 
"Kondisi jalan licin dan truk pengangkut kayu tidak kuat menahan beban. Kendaraan mundur hingga terguling. Kejadian tersebut, menyebabkan sebagian besar jalan tertutup kayu dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan satu arah. Anggota terus berupaya mengurai kemacetan dengan sistem tutup buka dilakukan secara bergantian," katanya seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Truk yang terguling juga menyebabkan jalan licin, akibat tumpahan solar dari kendaraan tersebut. Evakuasi tengah dilakukan dengan mengerahkan beberapa kendaraan derek. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. (Kristiadi)



(SYI)

Berita Terkait