5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus untuk Sembuhkan Penyakit

Ilustrasi Telur Rebus/Pexels Ilustrasi Telur Rebus/Pexels

Dadali: Selama ini banyak orang beranggapan tidak baik untuk mengonsumsi telur, bahkan dinilai berbahaya untuk kesehatan. Walau tidak memiliki rasa senikmat telur yang digoreng, telur ayam rebus mempunyai banyak manfaat lho.

Bahkan, hanya dengan mengonsumsi telur rebus setiap pagi dapat membantu banyak proses penyembuhan penyakit.

Hal ini didukung oleh beberapa riset terbaru yang menyatakan jika Anda mengonsumsi telur setiap hari dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut informasinya.


1. Mengurangi berat badan

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Rochester Center for Obesity Research, jika Anda mengonsumsi telur rebus setiap pagi untuk sarapan dapat mengurangi 400 kalori.

Jika ingin mengurangi lemak, Anda dapat membuang kuning telurnya. Tetapi jika ingin lebih kenyang Anda bisa konsumsi 2 butir telur yang kalorinya kurang dari 200 kalori.


2. Mencegah kanker payudara

Berdasarkan riset dari Harvard University, mengonsumsi telur rebus juga dapat menghindari kanker payudara. Tidak hanya itu senyawa kolin dalam sebutir telur akan mengurangi potensi kanker payudara sebanyak 24 persen.


3. Mengurangi stres

Tidak banyak yang mengetahui kalau telur juga dapat mengurangi tingkat stres lho. Hal itu dikarenakan telur memiliki lisin. Diketahui lisin dapat menstimulasi otak agar mengeluarkan hormon serotonin yang dimana akan membuat badan menjadi rileks.


4. Mencegah katarak

Dalam sebuah riset, kuning telur memiliki dua jenis antioksidan yakni lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan itu dapat membantu pencegahan mata dari penyakit katarak, menjaga kesehatan mata serta mempertajam penglihatan.

Bahkan jika Anda mengonsumsi kuning telur selama lima minggu terus menerus akan meningkatkan antioksidan tersebut dari 50 persen hingga 142 persen.


5. Menyembuhkan peradangan di dalam organ

Di dalam sebutir kuning telur juga mengandung fosfolipid, senyawa ini dapat membantu meredakan inflamasi atau peradangan yang ada di dalam tubuh Anda.

Luar biasa bukan khasiat dari telur ini? Jadi, telur bukan sumber penyakit justru menjadi penyembuh penyakit. Dengan mengonsumsi telur sesuai anjuran Anda akan mendapat banyak sekali manfaat.

Baca juga: Fakta Mengejutkan Konsumsi Makanan Berbahan Tepung



(NAI)