Untuk Pemula, Ini Tips Merawat Janda Bolong Biar Makin Kinclong

Ilustrasi tanaman janda bolong/Sumber: Medcom.id Ilustrasi tanaman janda bolong/Sumber: Medcom.id

Dadali:  Antusiasme masyarakat terhadap tanaman hias seperti tak pernah surut.  Belakangan jenis tanaman hias yang cukup digandrungi masyarakat yakni janda bolong.

Tanaman ini masuk dalam marga monstera, dan tergolong keluarga tanaman araceae. Nama sendiri monstera mengacu pada bentuk daunnya yang abnormal alias tidak lumrah.

Selain namanya yang unik, janda bolong dapat dikatakan menjadi jenis tanaman hias yang paling hits saat ini lho, sebab keanehan dari bentuk daunnya dan juga harganya yang fantastis.

Salah satu jenis yang terkenal adalah monstera variegata atau janda bolong dua warna. Konon, harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah lho.

Untuk Anda yang masih pemula, berikut ini beberapa cara agar janda bolong di rumah semakin subur. Dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.

1. Lakukan penyiraman dua kali sehari

Untuk tips yang pertama cukup umum yakni menyiram dua kali sehari. Siram saat tanahnya mulai terasa kering jika disentuh.

Jika hujan, Anda tidak perlu menyiram tanaman ini. Karena hujan adalah serum alami dan banyak nutrisi yang ada dalam kandungan air hujan yang dibutuhkan tanaman.

Untuk menjadi catatan, tanah di pot harus tetap lembab namun tidak tergenang air.

Baca juga: Tren Tanaman Hias Ternyata Tak Sepenuhnya Baik untuk Lingkungan

2. Daun harus bersih

Selanjutnya, jika Anda memiliki jenis janda bolong dua warna, memperhatikan kebersihan daun menjadi sangat penting. Sebab, disitulah letak keindahannya. Bersihkan daun dengan kain lembut dan lembab atau kain dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran.

3.Beri tempat untuk merambat

Untuk yang ketiga, berikan tanaman tersebut tempat untuk merambat. Anda dapat memakai batang atau ranting pohon sebagai medianya. Tanaman monstera terutama monstera adansonii dalam habitat aslinya justru merupakan tumbuhan merambat.

4. Lakukan penggantian pot

Sebisa mungkin Anda melakukan penggantian pot setiap tahun sesuai kebutuhan. Selain itu, ganti pula tanah baru untuk menyegarkan guna memberikan kehidupan yang baru.

5. Berikan air cucian beras

Jarang yang mengetahui jika air cucian beras juga bagus untuk tanaman. Jika ingin lebih subur dan sehat Anda dapat sesekali menyiram janda bolong menggunakan air bekas cucian beras yang didiamkan selama tiga hari. Air bekas cucian beras juga dapat menjadi pupuk yang murah.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat tanaman hias janda bolong, semoga bermanfaat.
 



(NAI)