Ular Masuk Rumah, Kok Bisa? Berikut Alasan Ular Masuk Rumah serta Menceganhnya

Ilustrasi-Ular. Foto: Pexels Ilustrasi-Ular. Foto: Pexels

Ada berbagai mitos dan kepercayaan di Indonesia seputar ular masuk rumah. Menurut kepercayaan Islam, masuknya ular ke dalam rumah bisa menjadi pertanda adanya jin atau roh jahat.

Sebagian orang menyebut bahwa itu pertanda buruk dan pemilik rumah akan menghadapi kesialan. Selain itu, pemilik rumah akan disambangi tamu tak diundang. 

Nah itu mitosnya. Kali ini kita akan membahas melalui sisi ilmiahnya terkait kenapa ular bisa masuk ke dalam rumah? Yuk simak ulasannya:

Penjelasan ilmiah ular masuk rumah

Melansir berbagai sumber, sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa ular bisa masuk ke dalam rumah. Salah satu alasannya adalah mereka tertarik pada mangsa seperti hewan pengerat, serangga, dan hewan kecil lainnya. Alasan lain adalah mereka mungkin mencari perlindungan dari kondisi cuaca ekstrem seperti panas atau dingin.

Ular juga dapat memasuki rumah jika menemukan tempat persembunyian yang cocok seperti ruang bawah tanah atau ruang merangkak.


Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Untuk mencegah ular masuk rumah, disarankan untuk menjaga kebersihan rumah dan bebas dari kekacauan tempat ular dapat bersembunyi. Pemilik rumah juga disarankan menutup retakan atau lubang di dinding, lantai, dan pondasi yang bisa dimasuki ular.

Selain itu, pemilik rumah dapat menggunakan penolak alami seperti minyak kayu manis, bawang putih, dan semprotan bawang. Hal ini berguna untuk mencegah ular memasuki properti mereka.

Kesimpulannya, meskipun banyak mitos seputar masuknya ular ke dalam rumah di Indonesia, penting untuk memahami alasan sebenarnya mengapa hal ini terjadi. 

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti menjaga kebersihan rumah dan menutup lubang yang bisa dimasuki ular. Dengan begitu sang pemilik rumah dapat mengurangi kemungkinan bertemu dengan reptil ini di dalam rumah mereka.



(FPR)