Rentenir Online Menjamur, Wali Kota Bandung: Memakan Ribuan Korban

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. (Foto: Roni K) Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. (Foto: Roni K)

Dadali: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan rentenir pinjaman online (pinjol) ilegal sudah banyak memakan korban. Di Kota Bandung misalnya, korban jasa pinjol mencapai 7 ribu orang.
 
"Kita sudah bekerja sama dengan tim Satuan Tugas (Satgas) Anti-Rentenir. Upaya menangani para pelaku rentenir dan pinjol sudah dilakukan sejak saya masih menjabat Wakil Wali Kota Bandung," katanya, mengutip Medcom.id, Jumat, 15 Oktober 2021.

Baca juga: Puluhan Pinjol di Yogyakarta Beroperasi Ilegal
 
Kendati demikian, kata Oded, dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi, para pelaku rentenir dan pinjol dapat leluasa beroperasi. Tak jarang masih banyak masyarakat yang tergiur mendapatkan uang instan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung untuk tetap berhati-hati dalam mengelola keuangan. Terutama kepada UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), jangan sampai terjebak oleh yang seperti itu (rentenir dan pinjol ilegal)," tambahnya.
 
Aparat kepolisian menggerebek sebuah gedung yang diduga kantor pinjaman online (pinjol) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kamis, 14 Oktober 2021 malam. Penggerebekan dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY serta Polda Jawa Barat di kawasan Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
 
Dari penggerebekan itu sebanyak 86 orang dengan berbagai peran ditangkap. 



(RAO)

Berita Terkait