Satgas Minta Warga Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyebut masyarakat harus bersiap hidup berdampingan dengan virus korona. Dia juga optimistis semua elemen mau bekerja sama dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) di setiap aspek kehidupan.

"Dalam masa transisi masyarakat mulai hidup berdampingan dengan covid-19, kita sudah sepatutnya mulai mempersiapkan diri," ujar Wiku, melansir dari Medcom.id, Jumat, 27 Agustus 2021.

Wiku juga mengatakan setiap institusi hingga pengelola fasilitas publik turut mengawasi prokes dengan ketat. Semua pihak bertanggung jawab atas penerapan prokes di setiap tempat.

Baca: Komisi VIII Ingatkan Urgensi Pendataan Yatim dan Piatu
 
"Masyarakat perlu mengetahui bahwa sistem ini adalah modal kita untuk tetap hidup sehat dan produktif, walaupun covid-19 masih berdampingan dengan kita," ucap dia.

Masyarakat perlu berevolusi seperti virus korona. Artinya, masyarakat tetap harus melanjutkan tindakan pencegahan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.
 
"Dan pada saat yang sama pemerintah juga akan melakukan upaya terbaik untuk memvaksinasi sebanyak mungkin orang dan secepat mungkin," kata dia.

Menurut dia, selama covid-19 terus beredar dan bermutasi di tingkat global, lonjakan kasus infeksi akan ada. Namun, lonjakan akan mengecil seiring dengan waktu karena sebagian besar populasi akan memiliki kekebalan. 
 
"Baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya dan setiap kali ada gelombang baru," ujar dia. (Antara)



(RAO)

Berita Terkait