Makin Matang, Persiapan PON Papua Sudah 95%

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dok. Kemenko Polhukam Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dok. Kemenko Polhukam

Dadali: Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI terlihat makin matang. Beberapa kekurangan diyakini dapat selesai dalam waktu dekat.
 
“Semua persiapan ini dapat dikatakan 95 persen sudah selesai,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam keterangan tertulis, Minggu, 12 September 2021.

Melansir Medcom.id, Mahfud meninjau langsung kesiapan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa venue. Mulai dari Stadion Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cenderawasih di Kota Jayapura, GOR Toware, hingga asrama atlet di Rindam XVII Cenderawasih.

“Secara umum bahwa PON XX dan Peparnas XVI ini insyaallah akan bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” tutur dia.

Baca juga:  Aman Terkendali, PON XX Papua dan Peparnas Siap Dilaksanakan
 
Mahfud mengatakan dukungan masyarakat merupakan kunci kesuksesan PON Papua XX 2021 dan dengan Pekan Papernas XVI. Caranya dengan melakukan vaksin sebelum kompetisi itu berlangsung.
 
“Saya berharap masyarakat juga ikut bergembira dengan ini. Bantulah aparat TNI, Polri, BIN, pemda, yang sekarang sedang menggencarkan vaksinasi,” ujar dia.
 
Mahfud menyebut pemerintah memprioritaskan vaksinasi di lima kabupaten/kota penyelenggara PON. Daerah tersebut, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Keerom.
 
“Pemerintah punya target vaksinasi sampai dengan 70 persen, sehingga PON ini juga berjalan aman, nyaman bagi yang nanti akan ikut menonton dengan syarat tertentu,” beber Mahfud.



(NAI)