Catat! 3 Cara Atur Pola Makan saat Lebaran

Cara atur pola makan saat lebaran. Foto: Pexels Cara atur pola makan saat lebaran. Foto: Pexels

Biasanya, dalam merayakan lebaran, akan ada banyak hidangan lezat yang disajikan. Mulai dari makanan berat seperti opor ayam dan rendang hingga makanan ringan seperti nastar hingga kastengel.

Makanan-makanan ini tentu saja sangat nikmat untuk disantap. Namun, kamu juga perlu mengontrol diri ketika mengonsumsi makanan tersebut karena makan-makanan tersebut memiliki kadar lemak, kolestrol, dan gula yang tinggi.

Jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan dengan intensitas waktu yang sering, maka dapat mengganggu dan menimbulkan masalah kesehatan. Mulai dari kolestrol tinggi hingga diabetes. 

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memakan makanan tersebut sama sekali. Melansir Medcom, inilah tiga tips mengatur pola makan sehat saat lebaran.

1. Memperhatikan porsi makanan

Poin penting dalam menikmati hidangan lebaran adalah dengan memperhatikan dan mengatur porsi makan. Konsumsi makanan secara berlebihan dan abai pada porsi makanan, akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.

Untuk mengaturnya, kamu bisa mencoba untuk menaati jadwal makan berat tiga kali sehari dan diselingi dengan tiga kali makanan ringan.

2. Konsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk tetap makan secara berlebihan.

3. Minum air putih yang cukup

Hindari minuman softdrink atau minuman alkohol, karena itu akan lebih meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga kemungkinan untuk terkena diabetes akan meningkat. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman manis.



(SUR)