7 Obat 'Rumahan' untuk Beragam Penyakit pada Musim Panas

Semangka, obat rumahan untuk penyakit musim panas. Foto: Pexels Semangka, obat rumahan untuk penyakit musim panas. Foto: Pexels

Saat musim panas, tubuh akan menerima tantangan lebih. Kenaikan suhu dan kelembapan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk dehidrasi, kelelahan karena panas, dan serangan panas.

Kulit terbakar sinar matahari dan ruam panas juga merupakan masalah umum yang terjadi. Sementara itu, pernapasan dapat bermasalah dengan kelembapan yang tinggi.

Selain itu, orang cenderung lebih banyak berkeringat di musim panas, yang dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi penting seperti natrium dan kalium.

Akibatnya, orang lebih rentan terhadap masalah pencernaan, kulit, flu musiman, dan infeksi. Inilah mengapa diperlukan konsumsi makanan seimbang.

Daripada kamu terlalu sering mengonsumi obat yang dijual bebas, lebih baik melakukan beberapa pengobatan rumahan sederhana untuk menangani masalah penyakit yang umum muncul di musim panas.

Melansir Medcom, berikut adalah tujuh obat 'rumahan' sederhana untuk sakit saat musim panas akan tiba.

1. Apel untuk migrain

Ternyata apel juga bisa membantu mengurangi rasa sakit migrain. Jika seseorang mengalami sakit migrain, maka ia bisa mengonsumsi apel yang membuat rasa sakit akan berkurang.

2. Susu kurma untuk batuk

Seperti dilansir laman Times of India, jika kamu menderita batuk kering dalam waktu lama dan tidak ada yang membantu, cobalah obat ini. Ambil enam buah kurma dan rebus dalam 1/2 liter susu selama kurang lebih 25 menit dengan api kecil.

Saat susu dikurangi menjadi 1/4 dari kuantitasnya, minumlah campuran ini setidaknya tiga kali sehari, dan lihat keajaibannya.

3. Cengkih untuk asam lambung

Menurut sebuah studi, minyak esensial dari cengkih bisa meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung berfungsi sebagai penghalang yang mencegah terjadinya luka pada dinding lambung oleh cairan asam lambung.

Walaupun efektivitasnya masih harus diteliti lebih lanjut, kamu bisa mencoba mengisap sepotong cengkih saat mengalami gangguan pencernaan, seperti asam lambung.

4. Mentimun untuk jerawat dan komedo

Mentimun dikenal sebagai sayuran yang kaya air dan sarat dengan mineral dan vitamin. Diketahui baik untuk kulit, tetapi banyak yang tidak tahu bahwa ketika mengoleskan mentimun parut pada wajah, leher, dan mata, bisa membantu menghilangkan jerawat dan komedo.

5. Daun tulsi untuk asam urat dan mag

Tulsi atau daun ruku-ruku diketahui memiliki khasiat obat, dan memiliki khasiat antasida. Seseorang harus mengonsumsi beberapa daun tulsi dan menelannya. Daun tulsi juga membantu menyerap makanan dengan mudah sekaligus mencegah refluks dan pembentukan bisul.

6. Jus tulsi untuk batuk parah

Untuk seseorang yang menderita batuk parah, pengobatan rumahan yang dibuat dengan tulsi ini adalah solusi yang bagus. Caranya, campur jus tulsi dalam jumlah yang sama dengan jus bawang putih dan madu. 

Kamu bisa mengonsumsi campuran ini tiga kali sehari. Obat itu akan sangat membantumu dalam mengatasi batuk.

7. Semangka untuk sakit kepala

Musim panas dapat menyebabkan sakit kepala. Apabila kamu mengalaminya serta tidak tahu harus berbuat apa, konsumsilah segelas jus semangka.

Minuman itu akan membantu kamu menghidrasi tubuh sambil menyediakan mineral dan vitamin yang diperlukan.



(SUR)