Terjebak Hujan di Akhir Pekan? Ini Cara Menikmatinya

Ilustrasi hujan/Medcom.id Ilustrasi hujan/Medcom.id

Dadali: Saat akhir pekan banyak dari kita mungkin ingin melakukan refreshing setelah penat bekerja. Namun, belakangan ini hujan di sejumlah wilayah mulai membasahi beberapa kota besar.

Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi hujan berintensitas sedang hingga tinggi di sebagian besar provinsi Indonesia.

Bagi Anda yang sudah merencanakan berbagai hal untuk dilakukan saat akhir pekan, tentu turunnya hujan menjadi masalah. Tapi, jangan terburu-buru sedih dan mengumpat karena hujan. Sebab, ada banyak cara untuk menikmati hujan saat akhir pekan.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk menikmati hujan saat akhir pekan.

1. Makan makanan berkuah
Cara pertama yang paling populer adalah menikmati hidangan berkuah selagi hujan. Saat terjebak tidak bisa berpergian akibat hujan menikmati semangkuk makanan hangat berkuah adalah solusinya. Mi instan ataupun semangkuk sup lezat bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Menyeduh minuman hangat
Tidak hanya makanan berkuah yang nikmat, sewaktu hujan tak kunjung reda juga dapat dinikmati dengan secangkir minuman hangat yang tidak kalah nikmat. Misalnya kopi, teh atau bahkan cokelat panas.

Asap putih yang mengepul dari cangkir dan aroma berbagai minuman hangat tersebut dapat menenangkan jiwa dan rileks selagi menikmati rintik-rintik hujan di rumah.

3. Menonton serial atau film
Menikmati minuman hangat dan makanan berkuah akan lebih lengkap dengan menikmati sebuah film ataupun serial favorit. Anda dapat menikmati film yang ada di TV Anda, atau pada layanan streaming film langganan Anda.

4. Mendengar lagu
Momen hujan juga dapat Anda nikmati dengan mendengarkan lagu-lagu syahdu nan merdu. Cobalah putar playlist lagu sewaktu hujan versi Anda maupun yang telah disajikan oleh aplikasi pemutar musik di gawai Anda.

Lagu yang sering didengarkan saat hujan biasanya lagu yang cenderung melankolis, sehingga perasaan Anda menjadi sendu, dan menyatu dengan suasana.

5. Meditasi atau kontemplasi
Cara menikmati hujan pada akhir pekan juga dapat dengan sesuatu yang bermakna untuk Anda. Cobalah untuk merenung atau kontemplasi hal apa saja yang sudah Anda lakukan sejauh ini.

Selain kontemplasi Anda juga bisa melakukan meditasi. Ambil posisi paling nyaman dan pusatkan konsentrasi ke diri Anda. Meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengatasi kecemasan, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Mengenal Petrichor, Istilah untuk Aroma Khas Saat Hujan



(NAI)

Berita Terkait