Tim SAR Kesulitan Evakuasi Korban Longsor di Cijeruk

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Dadali: Tim SAR mengaku kesulitan saat melakukan evakuasi korban tertimbun tanah longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal itu diungkapkan langsung oleh Komandan Tim Basarnas, Fajar Laksana Ginting.

 

Kesulitan yang kami hadapi saat melakukan evakuasi untuk menemukan satu korban yang masih tertimbun tanah longsor atas nama Eneng, 24, yakni adanya batuan-batuan yang tebal atau keras sehingga menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi di titik yang kita curigai," ungkap Fajar dilansir dari Medcom.id, Minggu, 22 Mei 2022.

 

Dirinya menambahkan, pihaknya telah melakukan pemetaan untuk melakukan pencarian korban. Ada beberapa titik yang dicurigai sebagai lokasi korban tertimbun.

 

"Titik yang kita buat parsial. Kita perluas pencarian dari titik yang kita curigai yakni dibawah tembok atau turap," kata Fajar.

 

Dalam pencarian tersebut ada 250 personel SAR gabungan yang terlibat  dari unsur TNI, Polri dan organisasi masyarakat lainnya, untuk membantu pencarian korban. 

 

"Untuk pencarian hari ini kita bagi menjadi dua tim SRU (search rescue unit). Yang satu timnya berisikan 25 sampai 30 orang dan akan bergantian di tiap 20 sampai 30 menit sekali," kata Fajar.



(UWA)