Gempa Garut 3,1 Magnitudo Terasa Hingga Bandung

Ilustrasi Medcom.id Ilustrasi Medcom.id

Bandung: Kabupaten Garut, Jawa Barat, diguncang gempa bumi berkekuatan 3,1 magnitudo pada Kamis, 4 Januari 2024 pukul 07.15 WIB. Getaran gempa tersebut terasa hingga Pangalengan, Kabupaten Bandung. 


Menurut laporan sementara dari BMKG, gempa bumi berkekuatan 3,1 magnitudo terletak pada koordinat 7.27 LS dan 107.72 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat pada kedalaman  6 kilometer. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat,” tulis keterangan BMKG dikutip dari Medcom.id, pada Kamis, 4 Januari 2024. 


Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pasirwangi, Pacet, Darajat, Kertasari, serta wilayah Kabupaten Bandung di Pangalengan dan Cisurupan dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang. 

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," lanjut keterangan resmi BMKG.



(SUR)

Berita Terkait