Disparbud Jabar Bentuk Tim Khusus Untuk Pengawasan di Tempat Hiburan Malam

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar. (ANTARA/HO-Humas Disparbud Jabar) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar. (ANTARA/HO-Humas Disparbud Jabar)

Dadali: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat membentuk tim khusus untuk melakukan pengawasan terhadap tempat hiburan malam. Ini dilakukan lantaran terkait kasus dua tempat hiburan malam di Kota Bandung yang diduga dijadikan tempat peredaran narkoba.

“Jadi, karena ini disinyalir banyak izin-izin tempat hiburan malam yang tidak sesuai dengan peruntukannya, termasuk juga kasus seperti ini yakni sarang peredaran narkoba. Sehingga itu salah satu upaya yang akan kita lakukan mungkin di bulan September itu, sudah running kegiatan ini,” ujar Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, dilansir dari Antaranews,com, Kamis, 25 Agustus 2022.

Kasus dua tempat hiburan malam di Kota Bandung yang diduga jadi tempat peredaran narkoba itu juga terkait dengan tertangkapnya Kasat Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Karawang ENM yang dilakukan oleh Bareskrim Polri.

Benny mengaku bahwa adanya pembentukan tersebut telah direncanakan oleh Disbudpar Jawa Barat sejak lama. Tujuannya, guna melakukan antisipasi di tempat hiburan malam.

“Memang selama ini kan belum secara optimal dalam melakukan pengawasan karena sangat terbatas sekali di bidang industri pariwisata ini, nah saya mengambil sebuah langkah dengan keluarnya pergub berkaitan dengan transformasi birokrasi yang namanya tim A Jail,” katanya.

“Kita bisa secara tim khusus melalui surat perintah saya untuk masuk ke tempat-tempat hiburan, hotel, dan lain sebagainya untuk mengevaluasi sampai sejauh mana pemanfaatan atau izin ini dilaksanakannya. Apakah sesuai dengan peruntukannya atau di luar ketentuan,” imbuh Benny.

Maka dari itu, apabila nantinya ada yang melakukan pelanggaran, pihaknya akan segera melakukan penindakan tegas. Sanksinya seperti dapat dicabut atau dibekukan sementara, tergantung dari kondisinya.

“Makanya ini kerja sama dengan pihak kepolisian sangat penting,” ujar Benny.

 

BACA: Gawat, Sudah Terbukti Pengedar Kini Kasat Resnarkoba Polres Karawang Positif Sabu



(SUR)

Berita Terkait