Kenali 5 Karakteristik Orang Psikopat, No 5 Bikin Gak Nyangka!

Joaquin Phoenix sebagai Joker (Foto: warnerbros) Joaquin Phoenix sebagai Joker (Foto: warnerbros)

Dadali: Jika dilihat dari berbagai definisi, psikopat merupakan gangguan mental seseorang yang ditandai dengan kurangnya empati serta perilaku yang buruk. Dalam ranah medis, psikopat sebenarnya adalah bagian dari gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder/APD).

Menurut sebuah riset yang dimuat pada jurnal Psychiatric pada 2012, orang dengan gangguan kepribadian psikopat diperkirakan mencapai satu persen dari total populasi dunia.  Didominasi oleh pria yang tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan wanita.

Dihimpun dari laman hellosehat.com, ciri-ciri orang psikopat seringkali dapat dikenali sejak masih anak-anak dan semakin memburuk seiring waktu. Untuk mengetahuinya, berikut ini rangkuman karakteristik atau ciri-ciri dari seseorang yang memiliki kepribadian psikopat.

1. Antisosial dan tertarik dengan hal membahayakan
Ciri yang pertama adalah perilaku antisosial atau menarik diri dari lingkungan. Kemudian mereka cenderung menyukai aktivitas meresahkan seperti menipu, berbohong, merampok, mencuri, berkelahi, dan membunuh.

Beberapa perilaku tersebut dinilai menarik bagi penderita psikopat. Mereka tampak tertarik dengan perilaku antisosial yang berisiko tinggi tanpa tujuan yang jelas.

2. Tidak bisa mengontrol perilaku
Selanjutnya, seorang psikopat memiliki perilaku mudah marah, jengkel, tidak sabar, mengancam, agresif, dan kerap mencaci maki. Hal tersebut hasil dari kurangnya pengendalian akan kemarahan dan emosi.

3. Egomaniak dan tidak bisa mencintai orang lain
Seorang dengan kondisi psikopat relatif sangat egomaniak hingga sulit bagi orang normal untuk memahaminya. Mereka sangat mementingkan diri sendiri dan hal itu tidak dapat diubah. Sehingga membuat mereka benar-benar tidak dapat mencintai orang terdekat, seperti orang tua, pasangan, dan anak sendiri.

4. Cuek dan tidak menyesali perbuatannya
Ciri selanjutnya, seorang psikopat cenderung tidak peduli, tidak memihak, berhati dingin, dan tidak memiliki empati. Oleh karena itu, penderita kondisi ini tidak akan peduli dengan kerugian, rasa sakit, dan penderitaan korban.

5. Memesona dan pandai berbicara
Ciri yang terakhir patut Anda perhatikan, sebab psikopat punya kecenderungan untuk bersikap baik, menarik, menawan, cerdik, dan mahir berbicara. Tentu ini adalah sifat manipulatif yang mereka tunjukan di depan umum.

Mereka biasanya berbicara dengan cepat dan berenergi, tidak jarang sering menyela pembicaraan orang lain dengan berbagai informasi yang meyakinkan. Tidak bisa dimungkiri banyak dari kita menyukai individu dengan sikap seperti ini.

Baca juga: Kerap Memendam Emosi? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental!



(NAI)

Berita Terkait