Smart Drop Box, Teknologi Canggih Ubah Plastik Jadi Duit di Ciamis

Sumber: Djavatoday.com Sumber: Djavatoday.com

Dadali: Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis merilis sebuah teknologi canggih guna mengubah sampah menjadi rupiah. Kotak sampah pintar atau Smart Drop Box dipilih untuk mengatasi limbah plastik sekaligus menghasilkan uang.

Melansir dari laman resmi Pemkab Ciamis, perilisan Smart Drop Box dibarengi dengan peringatan World Clean Up Day. Menurut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, dengan teknologi tersebut nantinya masyarakat dapat membuang sampah sekaligus mendapatkan sejumlah uang dalam bentuk digital.

"Kita ketahui limbah plastik adalah limbah yang sangat lama terurai, sehingga kita harus mampu mengelolanya agar tidak mencemari bumi khususnya di Kabupaten Ciamis," jelas Herdiat, dikutip dari laman ciamiskab.go.id, Senin, 20 September 2021.

Baca juga: Pemkot Bekasi Evaluasi Kontrak Kerja dengan TPST Bantargebang

Smart Drop Box sendiri merupakan hasil kerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dan perusahaan Smash.id. Untuk cara kerjanya juga cukup mudah.

Pertama warga diminta mengunduh aplikasi Mysmash di Playstore. Setelah itu login seperti biasa menggunakan email. Tersedia berbagai menu dan pilih Smart Drop Box. Kemudian scan barcode yang ada di kotak sampah khusus tersebut.

Tunggu beberapa detik untuk instruksi selanjutnya. Lalu scan barcode yang ada di sampah botol air mineral plastik. Selanjutnya masukan botol plastik secara perlahan. Tunggu sampai ada konfirmasi penambahan nominal dalam bentuk uang digital di aplikasi.



(NAI)