Antisipasi Lonjakan, Sukabumi Siagakan 6 Rumah Sakit

Ruang perawatan pasien covid-19. Foto: Antara Ruang perawatan pasien covid-19. Foto: Antara

Sukabumi: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, menyebut pihaknya telah menyiagakan enam rumah sakit. Keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) di Kota Sukabumi mencapai 30,50 persen.

"Ada enam rumah sakit yang kami siapkan (untuk) mengantisipasi lonjakan angka penambahan kasus covid-19," kata Lulis, dilansir dari Antara, Kamis, 3 Maret 2022.

Menurutnya, angka kasus konfirmasi covid-19 di Kota Sukabumi saat ini terus bertambah. Untuk itu, penyediaan tempat tidur di rumah sakit penting dilakukan.

Baca: Hari Raya Nyepi, Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak

Adapun keenam rumah sakit rujukan yang tersebar di Kota Sukabumi berstatus milik pemerintah dan swasta. Yakni, RSUD R Syamsudin SH, RSUD Al-Mulk, RSU Bhayangkara, RSU Assyifa, RSU Kartika Kasih, dan RSU Ridogalih. Sebanyak 117 ruangan tersedia dengan jumlah 341 tempat tidur.

Rincian keterisian tempat tidur

Di RSUD R Syamsudin SH telah disiapkan sebanyak 73 ruangan dengan jumlah 210 tempat tidur. Selanjutnya, di RSUD Al-Mulk tersedia 8 ruangan dengan jumlah 13 tempat tidur.

Sementara itu, di RSU Bhayangkara sebanyak 4 ruangan telah disiapkan dengan jumlah 40 tempat tidur. Lalu, di RSU Assyifa terdapat 7 ruangan dengan jumlah 42 tempat tidur.

Baca: Jalur Provinsi Rusak, Pemprov Jabar Segera Perbaiki Jalan

Sedangkan, di RSU Kartika Kasih terdapat sebanyak 18 ruangan dengan jumlah 27 tempat tidur. Kemudian, di RSU Ridogalih tersedia sebanyak 7 ruangan dengan jumlah 9 tempat tidur.

Persentase keterisian tempat tidur

Per Kamis, 3 Maret 2022, tingkat keterisian di RSUD R Syamsudin SH mencapai 53 tempat tidur atau 25,24 persen. Di RSUD Al-Mulk sebanyak 4 tempat tidur atau 30,77 persen.

Sementara, di RSU Bhayangkara sebanyak 20 tempat tidur atau 50 persen. Di RSU Assyifa sebanyak 18 tempat tidur atau 42,86 persen.

Baca: Belum Maksimal, Pemkab Bekasi Terus Lakukan Vaksinasi Lansia

Setelah itu, di RSU Kartika Kasih sebanyak 8 tempat tidur atau 29,63 persen. Di RSU Ridogalih sebanyak 1 tempat tidur dengan persentase masih 0 persen.

"Keterisian pasien konfirmasi covid-19 dari semua rumah sakit di Kota Sukabumi sebanyak 104 tempat tidur. Sedangkan yang kosong sebanyak 237 tempat tidur," terang dia.

Dari 104 orang pasien, 56 orang merupakan laki-laki dan 48 orang perempuan. Para pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di rumah sakit tak seluruhnya berasal dari Kota Sukabumi.

Baca: Sukabumi PPKM Level 4, Pemerintah Tutup Alun-Alun dan Lapangan Merdeka

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 13/2022, saat ini Kota Sukabumi berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Pemberlakuan itu diberlakukan mulai Selasa, 1 Maret hingga Senin, 7 Maret 2022.



(UWA)

Berita Terkait