Peringati Hari Pahlawan, Jokowi Beri Gelar Pahlawan dan Bintang Jasa kepada Abdi Bangsa

Presiden Joko Widodo menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh atas perjuangan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara di masa lampau. Dok. Tangkapan Layar Presiden Joko Widodo menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh atas perjuangan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara di masa lampau. Dok. Tangkapan Layar

Dadali:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh atas perjuangan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara di masa lampau. Mereka ialah almarhum Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, almarhum Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, almarhum Haji Usmar Ismail dari DKI Jakarta, dan almarhum Raden Aria Wangsakara dari Banten.
 
Pemberian gelar kepahlawanan itu ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 109/TK/TH 2021 pada 25 Oktober 2021. Pemberian gelar ini juga bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2021.

"Penganugerahan ini bisa diberikan kepada seseorang yang telah gugur atau meninggal dunia atas perjuangan, pengabdian, darmabakti, dan karya luar biasa kepada bangsa dan negara," jelas Sekretariat Presiden, Ludo Prastyono, melalui keterangan tertulis, dilansir Medcom.id, Rabu, 10 November 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Api Semangat Bangsa Indonesia Harus Terus Menyala

Tak hanya itu, Kepala Negara juga memberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan yang meninggal dalam upaya penanganan covid-19. Sebanyak 223 pekerja medis memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

Penerimaan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama itu diwakili keluarga almarhum Ketut Surya Negara, dokter di RSUP Sanglah Denpasar, Bali, dan keluarga almarhumah Sucilia Indah, perawat di RSUP Dokter Sitanala Tangerang, Banten.
 
Adapun tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya diberikan kepada 77 tenaga kesehatan. Penerimaan penghargaan itu diwakili keluarga almarhumah Emialiona Lasia Carolin, bidan di Puskesmas Pesanggrahan, DKI Jakarta.



(NAI)

Berita Terkait