Pemkab Garut Luncurkan Aplikasi Gentra Karya Untuk Mudahkan Warga Cari Kerja

Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau stan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dalam kegiatan Mini Job Fair di Fave Hotel, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (29/12/2022). ANTARA/Feri Purnama Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau stan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dalam kegiatan Mini Job Fair di Fave Hotel, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (29/12/2022). ANTARA/Feri Purnama

Pemerintah Kabupaten Garut di Provinsi Jawa Barat meluncurkan aplikasi Gentra Karya untuk memudahkan warga yang sedang mencari kerja. Caranya dengan mengakses informasi di aplikasi tersebut untuk selanjutnya bisa memilih dan mengajukan lamaran kerja ke perusahaan sesuai pilihan.

"Dengan Gentra Karya ini luar biasa, karena bisa memberikan akses informasi lowongan pekerjaan," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, dikutip dari Antara, Kamis, 29 Desember 2022.

Setiap tahun, terdapat 40 ribu orang lulus Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Garut. Dari jumlah tersebut,  yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 5.200 orang, dan ke perguruan tinggi di luar Garut sekitar 10 ribu orang. 

"Semoga ini menjadi ikhtiar kita memberikan dorongan terhadap mereka yang nganggur, mereka yang kesulitan bekerja, untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, pekerjaan yang dilindungi oleh undang-undang," kata Rudy.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Garut, Erna Sugiarti mengatakan aplikasi itu juga dapat memudahkan investor untuk berinvestasi di Kabupaten Garut. Salah satunya dengan melihat ketersediaan tenaga kerja dan kualifikasi sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Garut.

"Untuk saat ini sudah 16 ribuan (pencari kerja), alhamdulillah hari ini seribu kita penyerapan untuk tenaga kerja, untuk hari ini saja, belum bulan-bulan yang lalu," kata Erna.

Ia mengatakan adanya kerja sama secara Pentahelix itu dapat mempercepat penurunan angka pengangguran yang saat ini tingkat pengangguran di Garut berada di angka 7,60 persen.

"Untuk lowongan pekerjaan itu bukan hanya di Garut saja, tapi bisa melihat ke seluruh, bahkan di luar negeri juga ada untuk pemagangan," tuturnya.

Peluncuran aplikasi itu dirangkaikan dengan kegiatan Mini Job Fair yakni mendatangkan perusahaan yang mendaftar di aplikasi untuk memberikan pelayanan perekrutan pekerjaan secara daring maupun luring.

Perusahaan yang membuka perekrutan tenaga kerja di antaranya dari perusahaan BUMN maupun perbankan, perhotelan, dan restoran di Garut.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Untuk Tambah Uang Jajan



(UWA)

Berita Terkait