Ingin Jadi Remaja Gaul yang Islami? Catat 6 Adab Ini!

Ilustrasi muslim millennial/Sumber: mix.co.id Ilustrasi muslim millennial/Sumber: mix.co.id

Dadali: Umat Islam sangat penting memperhatikan adab pergaulan, salah satunya antara remaja. Remaja perlu memperhatikan beberapa hal dan layak mengetahui sejumlah adab yang diterapkan sesuai dengan ajaran Islam.

Agama Islam telah mengatur adab pergaulan remaja. Yakni, batasan-batasan perilaku yang dilandasi nilai-nilai agama.

Perilaku yang dilandasi nilai-nilai Islam tersebut harus diperhatikan, dipelihara, dan dilaksanakan oleh para remaja. Dirangkum dari buku Akidah Akhlak Kementerian Agama 2020, berikut 6 adab pergaulan remaja atau milenial dalam ajaran Islam:

1. Menjaga sopan santun
Dalam bertindak dan berucap, sopan santun sangat diperlukan. Sopan santun perlu dilakukan demi menghargai orang lain atau antar sesama remaja.

2. Berjuang mencari ilmu
Mencari ilmu merupakan hal terpenting sebelum memasuki masa dewasa. Dalam salah satu riwayat, Nabi SAW bersabda: "Barang siapa keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali." (HR. At-Tirmidzi)

3. Mengerti dan memahami
Mengerti dan memahami merupakan dua sifat yang bisa menimbulkan dampak positif. Salah satunya dapat terjalinnya persahabatan antar remaja hingga waktu yang cukup lama.

Baca juga: Pantas Tak Boleh Dicabut, Ini Keistimewaan Uban dalam Ajaran Islam

4. Selalu mengajak ke arah kebaikan
Setiap remaja diharapkan dapat menjadi rekan bagi temannya untuk selalu mengajak ke jalan kebaikan. Sebab, mengajak ke arah kebaikan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

5. Saling membantu
Dibutuhkan sikap saling membantu dalam menjaga pergaulan remaja. Apabila ada teman yang membutuhkan pertolongan atau uluran tangan kita, maka selayaknya dibantu.

6. Jujur dan adil
Remaja sangat penting memiliki dua sifat ini, yakni  jujur dan adil. Dengan menanamkan perilaku jujur dan adil, maka tidak akan menimbulkan masalah bagi orang lain.



(NAI)