Segenggam Asa dari Kincir Angin Mbah Salimin

Foto: Twitter/@UmarChelsea75 Foto: Twitter/@UmarChelsea75

Dadali: Sebuah video yang menunjukkan seorang kakek di pinggir jalan membuat publik merasa pilu. Sang kakek terlihat menjual mainan kincir angin dari bahan sederhana.

Kisah haru tersebut dibagikan oleh akun Twitter @UmarChelsea75. Video yang diunggah tanpa keterangan lokasi itu memperlihatkan kakek yang akrab dipanggil Mbah Salimin viral di jagat media sosial.

Mbah Salimin yang berumur 70 tahun masih harus berjualan di masa pandemi covid-19 demi menyambung hidupnya. Setiap hari dia keliling untuk menjual mainan kincir angin yang dia buat.

Ditambah lagi sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, dagangannya tak satu pun laku. Rasa lelahnya tidak bisa dibandingkan dengan apa pun saat ini.

"Sehari cuma bawa dua (kincir angin), kadang hanya satu. Bukan karena tidak mampu bawa banyak, dua kincir angin aja modalnya besar sekali," kata Mbah Salimin dalam video yang diunggah pada Kamis, 29 Juli 2021.

Melihat perjuangan Mbah Salimin, netizen merasa haru. Unggahan itu seketika langsung dibanjiri komentar netizen.

"Sedih banget liat video ini. Masih banyak orang yang kesusahan untuk mempertahankan hidupnya dan rela melakukan apa pun. Tapi yang korupsi seenaknya banget, ngambil hak rakyat dengan bangganya hidup mewah," balas netizen. (Raissa Oktaviani)



(RAO)

Berita Terkait