Siap-siap, Nakes di Kota Cimahi Terima Vaksin Booster Hari Ini!

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cimahi, Jawa Barat, akan menerima vaksin dosis ketiga atau vaksin booster untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Rencananya, pemberian vaksin tersebut akan dilakukan hari ini, Kamis, 12 Agustus 2021.

Pendataan jumlah nakes yang akan menerima vaksin booster tengah dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). 

"Baru besok dimulai karena ada perubahan dalam lampiran pakta integritas, masih kita data. Ada beberapa persyaratan nakes yang boleh menerima booster," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Muhammad Dwihadi Isnalini.

Pihaknya masih menunggu data nakes yang bertugas di rumah sakit dan klinik. Menurut dia, vaksinasi booster bakal diberikan terlebih dahulu kepada nakes yang bertugas di puskesmas.

"Besok nakes di puskesmas, kalau nakes rumah sakit dan klinik belum ada datanya yang masuk," tuturnya, melansir Media Indonesia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi, pemberian vaksinasi akan dilakukan secara berkala. Pelaksanaan tersebut bertempat di gudang vaksin Kota Cimahi, Jalan Ciawitali, Cimahi Utara.

"Besok secara bertahap mulai berjalan. Jadi pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal setiap PKM, rumah sakit, dan klinik. Tapi kita pusatkan di satu tempat, di gudang vaksin," ungkap Pratiwi. 

Para nakes bakal menggunakan vaksin merek Moderna, pihaknya sudah sudah menerima sebanyak 270 vial vaksin dosis ketiga yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan ini. "Kami sudah menerima jatah 270 vial, satu vialnya bisa untuk 14 dosis. Tapi kita utamakan dulu untuk nakes yang benar-benar menangani Covid-19," jelasnya. (Depi Gunawan)
 



(RAO)

Berita Terkait