Permudah Masyarakat, Polres Malang Terapkan Materi Ujian SIM C Terbaru

Sumber: Instagram @polresmalang_polisiadem Sumber: Instagram @polresmalang_polisiadem
Malang: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang resmi mengganti sirkuit ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan roda dua atau SIM C. Materi ujian praktik SIM yang sebelumnya menggunakan manuver angka 8 diubah berbentuk huruf ‘S’ per hari Jumat, 4 Agustus 2023.

Perubahan tersebut tercetus setelah hasil evaluasi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang menyatakan manuver angka 8 justru mempersulit peserta ujian. Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita, mengungkapkan perubahan tak hanya terjadi  pada bentuk lintasan, namun juga lebar sirkuit ujian praktik yang turut disesuaikan.

Sebelumnya, lintasan terbilang sempit dengan lebar hanya 1,5 kali lembar kendaraan sehingga diperlebar menjadi 2,5 kalinya. “Tujuan dari perubahan lebar lintasan ini adalah untuk mengakomodasi empat materi ujian praktik, sehingga peserta ujian memiliki ruang yang lebih luas dan aman dalam menjalani ujian,” ucap Agnis Kamis, 3 Agustus 2023.

Perubahan lintasan ujian praktik SIM ini tentu sebuah langkah proaktif Polres Malang dalam meningkatkan kualitas ujian dan memastikan keselamatan seluruh peserta ujian. Agnis menyebut berubahnya bentuk sirkuit menjadi huruf S mempermudah peserta ujian tanpa mengurangi tingkat kesulitan seharusnya.

Perluasan lebar lintasan itu ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta ujian untuk menunjukkan kemampuan berkendara mereka dengan tetap aman dan bertanggung jawab dalam berkendara. Harapannya, tambah dia, juga dapat memberikan kesadaran berkendara serta keselamatan saat mengendarai motor di jalan raya.

“Harapannya dengan perubahan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada calon pengemudi sehingga mereka bisa aman ketika berkendara di jalan,” pungkasnya. (Tasneem Khaliqa Israkhansa)

(SUR)

Berita Terkait