5 Makanan Pengganti Nasi untuk Ibu Menyusui saat Sarapan

Makanan pengganti nasi. Foto: Pexels Makanan pengganti nasi. Foto: Pexels

Setelah menanti selama sembilan bulan, akhirnya kamu telah melahirkan bayi yang lucu dan sehat. Artinya, kini kamu telah menjadi seorang ibu dan siap untuk menyusui.

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

Jika kamu memilih untuk menyusui, ada makanan tertentu yang dapat dikonsumsi dan akan bermanfaat bagi ibu beserta bayinya guna membantu menjaga energi dan meningkatkan suplai ASI.

Melansir Medcom, Bidan perawat bersertifikat Sue Hudson, CNM, membagikan makanan pengganti nasi yang bisa menjadi sarapan saat kamu menyusui, di antaranya:

Biji-bijian utuh

Bahan-bahan seperti oatmeal, nasi merah, dan pasta gandum penting untuk terus digilir karena secara alami tinggi serat, mineral, dan vitamin, serta karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat.

Mengonsumsi biji-bijian utuh juga dapat membantumu kenyang lebih lama, membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik, dan membantu menghindari hari-hari yang membuat ibu menyusui lapar.

Ubi jalar

Vitamin A, yang membantu penglihatan dapat ditemukan pada ubi jalar. Ini juga membantu organ-organ seperti jantung, paru-paru, dan ginjalmu membentuk dan memelihara diri mereka sendiri.

Hal itu membantu sel kita berkomunikasi dengan lebih baik, karena dengan memakan satu ubi jalar ukuran sedang (dengan kulitnya) sehari bisa memenuhi rekomendasi harian vitamin A. Ubi jalar juga merupakan sumber potasium yang sangat baik.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Ngemil almond dan kenari atau masukkan biji chia dan biji rami ke dalam smoothie untuk menambah asupan kalsium. Kebanyakan kacang tinggi protein, rendah lemak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. 

Biji wijen, yang tinggi kalsium dan tembaga, mendukung fungsi kekebalan tubuh dan perkembangan sel darah merah.

Kentang

Selama masa menyusui, kamu bisa mengganti nasi dengan kentang pada sarapan pagi sangat sehat dan bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi, kentang kaya vitamin yang menyeimbangkan estrogen, progesteron dan baik untuk kesehatan reproduksi. 

Bahkan, kentang mengandung serat dan flavonoid yang menjaga kadar kolesterol. Selain itu, serat pada kentang juga dapat membantu ibu menyusui menurunkan berat badan.

Quinoa

Seperti oatmeal, quinoa adalah makanan sehat yang bisa meningkatkan produksi ASI. Bahan makanan ini bebas gluten dan memiliki protein jauh lebih tinggi daripada nasi. 

Quinoa mengandung magnesium, fosfor, asam folat, zat besi, zinc, dan vitamin B6. Menu sarapan ini juga mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.



(SUR)