Desa Mundu Pesisir Cirebon Jadi Tuan Rumah Festival Layangan Internasional

Festivval Layangan Internasional. Antara Festivval Layangan Internasional. Antara

Cirebon: Desa Mundu Pesisir, Cirebon, Jawa Barat terpilih sebagai tuan rumah Festival Layang-Layang Internasional 2023. Festival ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai derah di kawasan Asia, seperti Lebanon, Malaysia, dan Singapura.

"Dari infrastruktur dan fasilitas di desa kami sangat menunjang. Ini merupakan kali pertama adanya ajang internasional di desa kami," tutur Kepala Desa Mundu Pesisir, Khaerun, dilansir dari Antara, Minggu, 8 Oktober 2023.

Menurutnya, festival ini menjadi momen tepat untuk mengenalkan ragam potensi wisata di Desa Mundu Pesisir. Festival Layang-Layang diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2023 di Taman Wisata Bahari Muara Mundu.

Dia juga optimis bahwa ajang tersebut mampu mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Pelaksana tugas (Plt) Ketua Persatuan layang-Layang Indonesia (Pelangi), Sari Majid, mengatakan kontes itu baru pertama kali diadakan di Cirebon. Desa Mundu dipilih sebagai lokasi festival karena dinilai cocok untuk penyelenggaraan.

"Karena anginnya di situ cukup stabil, arahnya tidak ke laut. Kemarin sudah kita sudah coba," kata Majid.

Panitia telah menyiapkan batu dan karung pasir untuk tempat mengikat benang layang-layang. Desa Mundu Pesisir terbilang sempit untuk penyelenggaraan festival tingkat internasional. Namun, peserta tetap bisa menerbangkan layangan yang dibawa berkompetisi.

(SUR)