Kaleidoskop Bandung 2021: Ustaz Cabul Diringkus Hingga Wali Kota Meninggal

Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Foto Istimewa Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Foto Istimewa

Dadali:  Berbagai peristiwa terjadi dan menyedot perhatian publik di Kota Bandung, Jawa Barat, sepanjang 2021. Mulai dari penerapan aturan Bandung Raya siaga satu covid-19, guru ngaji cabul, hingga Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia.
 
Dirangkum dari Medcom.id, berikut beberapa peristiwa yang menjadi pemberitaan utama di wilayah Bandung dan sekitarnya dalam Kaleidoskop 2021.
 
Bandung Raya Siaga 1 Covid-19
Kasus covid-19 terus mengalami peningkatan di kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang usai libur Lebaran pada Juni 2021. Penetapan Bandung Raya Siaga 1 pun diberlakukan dan melarang wisatawan untuk masuk guna mencegah penyebaran covid-19.
 
"Kami mengimbau agar tidak ada wisatawan yang datang ke Bandung Raya selama tujuh hari ke depan sampai keputusan selanjutnya," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi Bandung, Rabu, 15 Juni 2021.
 
Ridwan Kamil menjelaskan dua wilayah di Bandung Raya berstatus zona merah covid-19, yakni di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Sehingga, dia mengimbau agar selama sepekan ke depan tidak ada wisatawan masuk wilayahnya.
 
Ustaz cabul menyetubuhi santriwati
Seorang ustaz di Kota Bandung, Jawa Barat, didakwa melakukan pemerkosaan terhadap belasan santriwati secara berulang-ulang hingga hamil dan melahirkan. Para santriwati itu diiming-imingi dengan berbagai hadiah oleh ustaz bernama Herry Wirawan.
 
Dalam salah satu dakwaan Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung disebutkan, salah satu iming-iming yang diberikan HW kepada korban adalah dijanjikan menjadi polisi wanita. Pemerkosaan itu pun dilakukan secara berulang.
 
Jaksa Kejari Bandung, Agus Mujoko, mengatakan para korban saat ini masih mengalami trauma berat atas perbuatan pelaku yang dilakukan sejak 2016. Beberapa santriwati bahkan sudah melahirkan anak.
 
Perkara tersebut kini tengah berproses di Pengadilan Negeri (PN) Bandung sejak Selasa, 7 Desember 2021. Sidang sudah masuk ke dalam agenda pemeriksaan sejumlah saksi yang merupakan para korban. Sidang berlangsung tertutup dan dipimpin ketua Majelis hakim Y Purnomo Surya Adi.
 
Jaksa mendakwa HW dengan Pasal 81 ayat (1),  ayat (3) Jo Pasal 76D UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak Jo Pasal 65 KUHP.
 
Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal
Kabar duka menyelimuti Kota Bandung pada Jumat, 10 Desember 2021. Ketika umat muslim hendak melakukan salat Jumat, kabar duka datang. Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia.
 
Wali Kota yang akrab disapa Mang Oded ini jatuh pingsan Masjid Raya Mujahidin, Bandung, ketika hendak naik ke atas mimbar untuk memberikan khotbah Jumat. Oded pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung yang tak jauh dari Masjid tersebut.
 
Namun ketika tiba di IGD, nyawa Oded sudah tak tertolong. Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu telah dinyatakan meninggal dunia.
 
"Iya benar, beliau (meninggal) di Rumah Sakit Muhammadiyah," ujar Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung saat dihubungi, Jumat, 10 Desember 2021.
 
Hal itu pun dipastikan oleh Direktur Utama RS Muhammadiyah Bandung, Kautsar Boesoirie. Menurut Kautsar, Oded sudah meninggal dunia ketika tiba di rumah sakit tersebut.



(NAI)