Waspada Situs PeduliLindungi Palsu! Ini Cirinya

Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: dok. Medcom.id) Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: dok. Medcom.id)

Dadali: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan laman pedulilindungia.com bukan milik pemerintah. Situs tersebut palsu dan diketahui dapat mencuri data pribadi pengguna.

"Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," kata juru bicara Kominfo Dedy Permadi, dikutip dari Medcom.id, Senin, 13 September 2021.

Menurutnya, situs pedulilindungia.com memiliki tampilan yang mirip dengan situs resmi PeduliLindungi. Tidak hanya mirip, situs itu juga menggunakan logo dan gambar PeduliLindungi.

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah situs palsu. Pemerintah tidak menggunakan situs itu untuk menangani covid-19. Dedy menegaskan situs resmi PeduliLindugi hanya di laman peduliLindungi.id.

Baca juga: Marak Kebocoran Data, Simak Tips Ini Untuk Menjaga Data Anda

"Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs peduliLindung.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan covid-19 dalam bentuk apapun," jelas Dedy.

Kominfo telah memutus akses terhadap situs palsu tersebut. Dedy meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi peduliLindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi yang tersedia di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Masyarakat diminta memastikan nama Kementerian Kominfo berada di bagian bawah tulisan PeduliLindungi sebelum mengunduh aplikasi resmi di Google Play Store atau App Store. Aplikasi resmi akan menampilkan kontak pengembang aplikasi tersebut.

 



(NAI)