Jerawat Membandel? Ini 7 Makanan Untuk Hilangkan Jerawat

Ilustrasi/Freepik Ilustrasi/Freepik

Dadali: Jerawat yang membandel kadang bikin kamu jadi enggak pede buat kumpul-kumpul sama teman ataupun pergi keluar. Memang banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari obat-obatan dokter hingga pengobatan rumahan. 

Tapi enggak semua cara itu cocok buat kamu. Ada baiknya kamu mencoba jenis makanan ini yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. 

Melansir dari Hellosehat.com, hubungan pola makan dengan jerawat masih belum bisa dipastikan. Namun, ada banyak penelitian yang membahas pengaruh makanan ini terhadap jerawat. 

Para ahli kesehatan percaya jenis makanan ini mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang bisa menghilangkan jerawat. Simak tujuh jenis makanan penghilang jerawat ini.

1. Lemon

Sudah bukan rahasia umum lagi bila air lemon dapat bekerja sebagai astrigen alami yang bisa mengencangkan kulit dan menyamarkan noda. Tapi kamu harus hati-hati, air lemon tidak disarankan dipakai langsung pada kulit karena dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Meski begitu, khasiat air lemon yang hendak diminum atau dimakan bisa membantu membasmi jerawat. Sebuah penelitian dalam jurnal BioMed Research International mengungkapkan, kandungan flavonoid pada kulit lemon bersifat anti-karsinogenik dan dapat melindungi kulit. 

Zat karsinogen dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Flavonoid ini disinyalir juga bisa membantu tubuh membasmi jerawat dari dalam. Hanya saja, para ahli membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas air lemon yang diminum terhadap kesehatan kulit. 

Baca juga: Susah Kurus? Simak 5 Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

2. Ubi

Makanan satu ini cukup terkenal untuk mengatasi jerawat. Pasalnya, ubi kaya akan vitamin A yang berkhasiat untuk kulit berjerawat.

Vitamin A memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit seseorang. Sebagai contoh, krim wajah yang mengandung turunan vitamin A (retinol) dikenal akan keampuhannya menghilangkan jerawat.

Contoh turunan vitamin A, yaitu isotretinoin, bekerja mengurangi produksi minyak alami wajah (sebum). Itu sebabnya, konsumsi ubi yang kaya akan vitamin A dianggap berperan penting dalam mengobati jerawat.

3. Ikan salmon

Ikan salon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dinobatkan sebagai makanan yang baik untuk kulit berjerawat. Omega-3 merupakan asam lemak yang berperan penting dalam mengendalikan peradangan.

Bila tubuh kekurangan omega-3, kamu mungkin mengalami kulit kering, gatal, dan bersisik. Tidak hanya itu, asam lemak yang satu ini membantu melancarkan peredaran darah, sehingga pasokan darah menuju kulit pun terpenuhi dengan baik.

Meski tidak menghilangkan jerawat secara langsung, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan omega-3 melalui ikan salmon atau suplemen. Hal yang perlu diingat yakni tidak semua orang bisa mendapat khasiat yang sama dari omega-3. Pada kasus tertentu, ikan salmon justru bisa menjadi dalang dari jerawat yang semakin parah.

Baca juga: Temani Libur Lebaran, Ini 7 Rekomendasi Drama Korea Rating Tertinggi 2021

4. Pepaya

Tak banyak orang yang tahu kalau buah pepaya bisa menjadi makanan penghilang jerawat. Kandungan enzim papain dan chymopapain pada pepaya dipercaya dapat mengurangi peradangan.

Papain pelarut protein bisa dijumpai pada produk pengelupasan kulit. Produk tersebut membantu menghilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Menurut penelitian dari Biomedicine & pharmacotherapy, papain juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan bekas luka secara alami. Hal ini karena papain bisa menghilangkan penumpukan keratin rusak di kulit dan membentuk benjolan.

5. Buah beri

Buah beri seperti stroberi atau blueberi kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua senyawa ini tidak diragukan lagi memang berguna dalam membasmi masalah jerawat.

Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang dapat memicu sitokin untuk peradangan. Oleh karena itu, vitamin C mempunyai aktivitas anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat.

Bahkan, vitamin C pada buah beri juga mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang. Selain buah beri, kamu juga bisa memperoleh sumber vitamin C dari buah sitrus atau buah lainnya.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini 7 Manfaat Paparan Sinar Matahari Bagi Tubuh

6. Bayam

Bayam mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan peradangan dan radikal bebas.

Selain itu, bayam juga tinggi protein yang mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit dan membantu meningkatkan kilau alami. Hal ini juga mengurangi garis-garis halus dan jerawat di kulit.

Sebagai sumber zat besi, bayam juga meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu proses metabolisme. Tak heran bila sayuran berdaun hijau ini cukup populer sebagai makanan yang baik untuk masalah jerawat.

7. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Biji-bijian kaya serat ini terkadang menjadi pengganti nasi.

Selain kaya serat, quinoa mengandung seng yang cukup tinggi dan mineral yang satu ini disinyalir bisa membantu mengobati jerawat dari dalam. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian dari BioMed Research International Journal.

Penelitian tersebut mencoba melihat hubungan kadar seng dalam darah dan tingkat keparahan jerawat. Seng merupakan mineral makanan yang berkhasiat dalam kesehatan kulit, mengatur metabolisme, dan kadar hormon.

Para peneliti menemukan kadar seng yang rendah berkaitan dengan kasus jerawat yang parah. Maka dari itu, mereka menyarankan untuk meningkatkan asupan seng dalam makanan guna mengobati kulit berjerawat yang parah.

Itu dia tujuh makanan yang bisa menghilangkan jerawat. Meski belujm terbutki, tidak ada salahnya kan untuk memilih makanan yang kaya nutrisi dan vitamin untuk menghilangkan jerawat.



(CIA)