Ingin Warna Cupang Makin Cerah? Berikan Pakan Alami Ini

Ikan Cpang/Sumber:Pexels Ikan Cpang/Sumber:Pexels

Dadali: Seperti yang kita tahu ikan cupang memiliki warna yang cerah serta indah. Selain itu, sirip dan ekor ikan cupang yang rapat dan berwarna-warni memikat setiap orang yang melihatnya.

Hal tersebut yang menjadikan ikan hias ini sangat diminati saat pandemi. Bahkan, harga cupang saat pandemi sempat melambung tinggi.

Namun, untuk menghasilkan cupang yang memiliki kualitas dan warna yang indah tentu bukan perkara mudah. Keistimewaan ikan cupang tidak lepas dari cara memelihara dan pakan yang dipilih.

Dihimpun dari jurnal unair.ac.id, berikut ini rekomendasi pakan yang cocok serta dapat mencerahkan tubuh ikan cupang.

Baca juga: Wajib Punya! Akuarium Cupang Berbagai Tema Ini Bikin Gemas

1.Daphnia
Daphnia dan moina merupakan jenis kutu air, uniknya pakan alami ini dapat diberikan di berbagai fase hidup ikan cupang. Misal pada fase larva hingga dewasa.

Pemberian pakan ini dapat membantu meningkatkan kecerahan warna cupang, karena kutu air mengandung sejumlah karotenoid yang dapat meningkatkan kualitas pigmen yang terdapat pada epitel tubuh.

2.Tubifex
Tubifex atau biasa dikenal cacing sutra juga rekomendasi pakan alami yang juga dapat menjadi opsi untuk diberikan pada ikan cupang dewasa berumur tiga sampai empat bulan.

Tubifex juga mengandung karotenoid, sama halnya dengan kutu air. Cacing sutra dapat meningkatkan laju pertumbuhan pada ikan jantan dan betina karena mengandung lemak dan protein yang tinggi.

3.Jentik nyamuk
Untuk yang terakhir cukup populer sebab jentik nyamuk adalah pakan ikan cupang yang paling murah dan mudah didapatkan. Jentik nyamuk memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama seperti cacing sutra. Namun, jentik nyamuk memberi dampak nyata terhadap berat badan ikan cupang.

Nutrisi lemak pada jentik nyamuk mencapai 13,5 persen. Dalam memilih jentik nyamuk sebagai pakan, sebaiknya pilih jentik nyamuk dengan ciri tubuh panjang dengan posisi terbalik di permukaan air.

Jentik yang sudah menjadi kepompong (bentuk tubuh bengkok bulat dengan kepala hitam) sebaiknya dihindari. Sebab, jentik berciri seperti ini dapat membuat perut cupang buncit.

Nah, itulah beberapa pakan alami untuk cupang agar makin cerah dan sehat. Selamat mencoba.

 



(NAI)

Berita Terkait