Banyak Dapat Ide Kreatif di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

 Dekorasi ini bikin tampilan kamar mandi lebih mewah. Foto: Shutterstock Dekorasi ini bikin tampilan kamar mandi lebih mewah. Foto: Shutterstock Dekorasi ini bikin tampilan kamar mandi lebih mewah. Foto: Shutterstock Dekorasi ini bikin tampilan kamar mandi lebih mewah. Foto: Shutterstock

Dadali: Untuk banyak orang, kamar mandi menjadi tempat yang cukup berjasa. Sebab, tempat ini telah banyak membantu melahirkan berbagai ide kreatif.

Tak jarang ide dan gagasan yang tercipta saat 'bersemedi' di kamar mandi berskala besar hingga unik. Mulai dari ide bisnis hingga ide kreatif.

Ternyata, terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut lho. Seorang ilmuwan kognitif, Scott Barry Kaufman merilis hasil risetnya jika 72 persen orang mendapatkan ide-ide kreatif di tempat-tempat khusus. Dalam laporannya, orang cenderung mendapatkan inspirasi kreatif di kamar mandi kantor.

Dia menilai, aktivitas di kamar mandi membuat ide mengalir lebih mudah dan lebih banyak mendapatkan solusi kreatif. Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang membuat Anda cenderung kreatif saat berada di kamar mandi. Berikut penjelasannya:

1. Mandi membuat santai

Saat Anda bersantai, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius maupun kritis sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Saat di kamar mandi, umumnya Anda membiarkan pikiran berkeliaran liar serta melamun. Ternyata, hal tersebut yang akan memicu datangnya ide-ide baru.

Selain itu, mandi juga dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga akan membantu mengembangkan ide dan solusi kreatif.

2. Produksi hormon dopamin tinggi

Faktor kedua adalah adanya hormon dopamin yang dilepaskan. Dopamin sendiri adalah hormon yang ada di otak berperan untuk mengatur emosi Anda dalam berkegiatan sehari-hari. Hormon ini sangat penting untuk memunculkan kreativitas pada diri Anda.

Hormon ini akan dikeluarkan saat Anda merasa rileks seperti mendengarkan musik, berolahraga, serta saat mandi. Ternyata, dengan mandi dapat menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan dopamin. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan dopamin hingga 250 persen.

3. Kerja otak yang lebih tenang

Ketika kita mengerjakan sesuatu dengan serius, otak kita hanya fokus mengerjakan hal tersebut. Hal ini cenderung memberikan hasil kerja dan solusi yang biasa saja. Namun, jika Anda lebih tenang dan santai ide yang muncul dijamin akan lebih kreatif.

Saat kita mandi dengan keadaan tidak tergesa-gesa, membuat kerja otak menjadi lebih tenang dan santai. Dengan kondisi tersebut dapat membuat Anda cemerlang dalam menghasilkan ide serta solusi dalam kehidupan Anda.  

Itulah beberapa faktor serta penjelasan mengapa kita cenderung lebih kreatif saat di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Stop Main HP di Kamar Mandi Kalau Tak Ingin Ini Terjadi



(NAI)

Berita Terkait