5 Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik dan Kembali Ke Rumah

ilustrasi-obat-obatan. Foto: Pexels ilustrasi-obat-obatan. Foto: Pexels

Dadali: Saat mudik dan balik ke rumah tentu memerlukan waktu lama. Kejadian yang tidak diinginkan dan tidak dapat diprediksi juga bisa saja terjadi.

Selain itu faktor cuaca, fisik yang lelah, dan stress dapat membuat tubuh anda rentan sakit. Demi menjaga tubuh fit dan mencegah sakit saat perjalanan balik, Anda disarankan membawa obat-obatan pertolongan pertama dan obat penting lainnya.

Apa saja obat yang harus dibawa saat mudik dan pulang mudik? Melansir Gaya.id berikut obat-obatan yang harus Anda bawa saat musim mudik dan arus balik:

1. Paracetamol

Obat satu ini memang menjadi andalan hampir setiap orang untuk mengurangi gejala demam dan rasa sakit dengan intensitas ringan hingga sedang. Paracetamol dapat mengatasi keluhan sakit kepala, demam, gejala flu, sakit gigi, dan kram otot.

Obat ini mampu memblokir pembawa pesan kimia ke otak yang menginformasikan rasa sakit. Kamu sudah dapat merasakan efeknya hanya dengan hitungan jam saja.

2. Minyak kayu putih 

Bukan hanya obat untuk diminum, kamu juga harus membawa obat oles atau hirup untuk menghilangkan mabuk saat di perjalanan. Minyak kayu putih dapat mengurangi gejala mabuk, sakit perut, hingga mencegah masuk angin.

Bahkan, minyak kayu putih bisa mengatasi gatal, kemerahan, dan inflamasi karena memiliki sifat antiseptic dan analgesik. Kamu bisa mengaplikasikan obat ini dengan berbagai cara, seperti mengoleskan di daerah perut hingga leher atau dengan menghirupnya

3. Obat anti mabuk

Obat ini dapat kamu temui di apotik hingga toko kelontong. Obat ini juga dapat berwujud tablet, kapsul, dan sirup yang mampu mencegah gejala mabuk ketika terkena guncangan kendaraan. Biasanya, obat ini akan diracik melalui bahan-bahan alami dengan rasa mint. Kamu dapat mengonsumsi obat ini 1,5 jam sebelum berangkat mudik.

4. Obat mag

Ketika berkendara selama beberapa jam, bisa saja maag kambuh seketika. Apabila dibiarkan, maag akan berlanjut ke asam lambung hingga menyebabkan mual dan muntah.

Kamu dapat membawa obat magnesium hidroksida atau obat mag. Konsumsi obat mag dua sampai empat kali dengan cara mengunyah tabletnya atau meminum obat mag sirup.

5. Plester dan obat luka 

Ketika mudik, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu perlu mempersiapkan plester dan obat luka untuk pertolongan pertama saat tubuh tergores, terbentur, ataupun terluka karena sesuatu. Alat kesehatan ini mampu menutup luka dan mengurangi risiko luka yang kian parah atau lebar.



(FPR)

Berita Terkait