Ratusan Warga Bandung Terima Bansos Presiden

Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat di Kantor Pos Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat di Kantor Pos Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Ratusan warga Kota Bandung mendapat berbagai jenis bantuan sosial (bansos) seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Langsung Tunai dampak kenaikan harga BBM (BLT BBM), dan Bantuan Presiden. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Pos Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 13 Oktober 2022. 

"Kita memberikan bantuan subsidi upah untuk para pekerja di Kota Bandung, dan juga BLT BBM, dan Bantuan Presiden untuk penerima manfaat," ujar Jokowi, dikutip dari Antara, Kamis, 13 Oktober 2022. 

Jokowi tiba di Kantor Pos Bandung yang berlokasi di Jalan Asia Afrika itu sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelum masuk ke area kantor pos, ia juga sempat membagikan Bantuan Presiden kepada masyarakat yang berada di seberang jalan.

Setelah masuk ke kantor pos, Jokowi langsung menyapa masyarakat yang telah menunggu kehadirannya. Ia  pun meminta masyarakat memanfaatkan bansos yang diterima dengan sebaik-baiknya, untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari.

Jokowi menyebut hingga saat ini BSU sudah tersalurkan kepada 8,4 juta orang dari target penyaluran 14,6 juta orang . Sedangkan untuk BLT BBM sudah hampir 100 persen.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan penyaluran BSU kini sudah mencapai tahap ke lima. Penyaluran belum 100 persen rampung karena sejumlah masyarakat tenaga kerja tidak memiliki rekening bank himpunan bank negara (himbara). 

Meski begitu, ia menyebut  penyaluran masih tetap dilakukan melalui PT Pos.

"Kita mengajak ke perusahaan-perusahaan untuk menyertakan pekerjanya dalam program BPJS (ketenagakerjaan). Sekarang ketahuan kan, ternyata menjadi peserta BPJS itu ada manfaatnya, manfaat lain yaitu ada BSU," ujar Ida.

BACA: Presiden Bagikan Bansos di Pasar Cicaheum Setibanya di Bandung



(SUR)

Berita Terkait